Pendidikan

SMK Pariwisata Telkom Bandung Pilot Project Implementasi ISO 21001:2018

Proses implementasi ISO 21001:2018 di SMK Pariwisata Telkom Bandung diawali dengan pelaksanaan Audit Mutu Internal (AMI)...

Dok. SMK Pariwisata Telkom Bdg
SMK Pariwisata Telkom Bandung menjadi Lembaga Pendidikan pertama yang mengimplementasi standar mutu ISO 21001:2018 di Lembaga Pendidikan Dasar dan Menengah, di bawah naungan Yayasan Pendidikan Telkom. 

TRIBUNJABAR.ID - SMK Pariwisata Telkom Bandung menjadi Lembaga Pendidikan pertama yang mengimplementasi standar mutu ISO 21001: 2018 di Lembaga Pendidikan Dasar dan Menengah, di bawah naungan Yayasan Pendidikan Telkom.

Proses implementasi ISO 21001:2018 di SMK Pariwisata Telkom Bandung diawali dengan pelaksanaan Audit Mutu Internal (AMI) yang dilaksanakan pada, Selasa (9/11/2021).

ISO 21001:2018 adalah salah satu acuan sistem mutu untuk mengelola lembaga pendidikan yang berstandar internasional. Secara serentak sertifikasi ISO 21001:2018 ini akan akan dilaksanakan pada triwulan petama di tahun 2022 mendatang.

Baca juga: Ridwan Kamil : Pengembangan SMK Maritim di Pantura, SMK Pariwisata di Jabar Selatan

Baca juga: Foto-foto Banjir Bandang Garut, Rumah Ambruk hingga Mobil Pariwisata Hanyut

Sertifikasi akan meliputi 12 SMK Telkom yang tersebar di berbagai kota dan provinsi di Indonesia, dan SMK Pariwisata Telkom Bandung dipilih sebagai pilot project dalam mewujudkan rencana sertifikasi serentak tersebut.

Di tengah maraknya persaingan dunia pendidikan, Lembaga Pendidikan dituntut harus terus meningkatkan kualitas layanannya.

Terlebih persaingan yang dihadapi tidak hanya dengan Lembaga Pendidikan dalam negeri namun juga dengan Lembaga Pendidikan asing yang beroperasi di Indonesia.

Penerapan ISO 21001:2018 sebagai salah satu upaya Lembaga Pendidikan untuk mensejajarkan diri dengan Lembaga Pendidikan berkuliatas internasional lainnya.

Dalam proses implementasi ISO 21001:2018 ini, SMK Telkom Pariwisata Bandung telah dipandu oleh tim dari Telkom University melalui Program Pengabdian Masyarakat Fakultas Rekayasa Industri.

Salah satu dukungan yang diberikan adalah dalam pendampingan proses penyusunan dokumen sistem mutu dan pengawalan dalam implementasinya.

Baca juga: Bangkitkan Sektor Pariwisata di Tengah Pandemi, NTT Gandeng ASITA Jabar Promosikan Destinasi Wisata

Baca juga: Paguyuban Pariwisata Kuningan Gandeng Agen Tur Wisata se-Pulau Jawa, Ternyata Ini Kepentingannya

“Dengan menerapkan ISO 21001:2018 ini, akan memudahan sekolah untuk membangun sistem mutu layanan pendidikan yang lebih baik, dan berlangsung secara berkelanjutan, dengan mengikuti standar mutu yang diakui di dunia internasional,” kata Yati Rohayati Pimpinan Tim dari Telkom University, di Bandung dalam rilis yang diterima Tribun Jabar, Rabu (1/12/2021).

Komitmen dari SMK Pariwisata Telkom Bandung sendiri sangat tinggi, hal ini terlihat dari semangat yang luar biasa yang telah ditunjukkannya dalam pelaksanaan Audit Mutu Internal, yang berlangsung hari Selasa (9/11/2021).

Meski dalam kondisi pandemi dan menjalankan Flexible Working Arrangement, dengan bekerja di rumah (working from home) atau terkadang di kantor (working from office), tidak menyurutkan semangat dari tim kerja internal yang telah diberi tanggung jawab untuk menjalani persiapan implementasi yang sudah berlangsung sejak awal tahun.

“ISO 21001 sebagai jalan bagi Lembaga Pendidikan untuk meningkatkan layanan secara berkelanjutan, sehingga SMK Pariwisata Telkom Bandung dapat menunjukkan komitmen kepada masyarakat dan industri, sebagai penerima manfaat, dalam memberikan layanan terbaiknya,” katanya. (*)

Artikel ini telah tayang di Tribunnews.com dengan judul Pimpinan Tim dari Telkom University: Terapkan ISO 21001:2018 Mudahkan Sekolah Bangun Mutu Pendidikan, https://www.tribunnews.com/pendidikan/2021/11/10/pimpinan-tim-dari-telkom-university-terapkan-iso-210012018-mudahkan-sekolah-bangun-mutu-pendidikan.

Penulis: Toni Bramantoro

Sumber: Tribunnews
  • Berita Populer
    Ikuti kami di
    KOMENTAR

    BERITA TERKINI

    berita POPULER

    © 2023 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
    All Right Reserved