Breaking News:

Paguyuban Pariwisata Kuningan Gandeng Agen Tur Wisata se-Jawa Untuk Mengenal Puluhan Tempat Wisata

Paguyuban pariwisata Kuningan menggandeng 50 agen tour wisata se-Pulau Jawa untuk mengelilingi sejumlah objek wisata di Kota Kuda.

Penulis: Ahmad Ripai | Editor: Darajat Arianto
TRIBUNJABAR.ID/AHMAD RIPAI
Paguyuban pariwisata Kuningan menggandeng 50 agen tour wisata se-Pulau Jawa 

Laporan Kontributor Kuningan, Ahmad Ripai

TRIBUNJABAR.ID, KUNINGAN - Paguyuban pariwisata Kuningan menggandeng 50 agen tour wisata se-Pulau Jawa untuk mengelilingi sejumlah objek wisata di Kota Kuda.

Hal itu dilakukan sebagai upaya mendongkrak ekonomi kreatif di setiap objek wisata yang selama ini belum banyak dikenal wisatawan.

"Agenda menggandeng jasa agen tour ini sebagai usaha dalam mengenalkan wisata di Kuningan. Kemudian, ini juga bagian program paguyuban wisata untuk membesarkan Kuningan sebagai industri wisata," kata Ketua Paguyuban Wisata Kuningan H Abidin di sela-sela kegiatan roadshow ke sejumlah lokasi wisata di Kuningan, Rabu (24/11/2021).

Abidin yang juga pemilik wisata Jurang Landung di daerah Palutungan, Kecamatan Cigugur, mengatakan, keikutsertaan para agen tour itu ada 50 orang dari berbagai daerah.

Mereka yang sudah biasa memberikan pelayanan jasa perjalanan wisata itu, ada dari Jawa Timur, Jawa Tengah, Ciamis, Pangandaran, Jabodetabek, Bandung dan Banten serta dari Wilayah III Cirebon juga.

"Dalam memperkenalkan sejumlah objek wisata kepada para pemandu wisata ini sekaligus market dalam membangun simbiosis mutualisme. Tujuannya tidak lain mendongrak objek wisata di Kuningan yang selama ini hanya terkenal dengan tempat tertentu saja," katanya.

Ia menambahkan, ada peristiwa agen wisata dari Jawa Timur dalam perjalanan wisatanya ke Kuningan, hanya dua wisata yang dikenal agen tersebut terhadap pelancong yang dibawanya.

"Kejadian itu muncul pada salah satu agen pemandu wisata. Dia hanya mengenal dua lokasi wisata saja di Kuningan, padahal destinasi wisata di Kuningan ini sangat banyak. Mulai dari wisata milik pemerintah hingga objek wisata milik perorangan," katanya.

Dalam kegiatan, kata Abidin, pelaku jasa pemandu wisata itu berkeliling ke sejumlah tempat wisata. Pada jasa pemandu wisata atau agen tour wisata.

"Kami tadi kumpul di Zamzam Pool, yang dilanjutkan ke Objek Wisata Cibulan, Objek Wisata Linggajati, Objek Wisata Al Gifari, Objek Wisata Woodland, Objek Wisata Taman Hanjuang, Objek Wisata, Cibulakan dan Objek Wisata Kampung Pasundan Cisamaya di Kecamatan Pasawahan," katanya.

Tidak hanya tempat wisata tersebut, Abidin menambahkan, kawasan wisata di Palutungan, Kecamatan Cigugur juga akan menjadi persinggahan para agen tour wisata tersebut.

"Selain tadi kami akan kenalkan banyak wisata di Kuningan Barat atau kawasan Palutungan Cigugur. Seperti Bubulak, D'Orchid, Pondok Cai Pinus dan Jurang Landung dan juga akan kami kenalkan wisata yang berada di Kuningan Timur, yaitu Tirta Agung Mas di Luragung," katanya. (*)

Sumber: Tribun Cirebon
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved