Breaking News:

Di Jalan Sukabumi, Dua Pohon 12 Meter Tumbang, Satu Pohon Angsana Timpa Mobil Warga Hingga Penyok

Pohon tumbang selain di Jalan Ahmad Yani, Kota Bandung, terjadi pula di wilayah Jalan Sukabumi Dalam No. 3 dan Jalan Sukabumi No. 30 (area Kantor DPRD

TRIBUNJABAR.ID/MUHAMAD NANDRI PRILATAMA
Pohon tumbang di Jalan Sukabumi Dalam, Kota Bandung, Jumat (26/11/2021). 

Laporan Wartawan Tribun Jabar, Muhamad Nandri Prilatama

TRIBUNJABAR.ID, BANDUNG - Pohon tumbang selain di Jalan Ahmad Yani, Kota Bandung, terjadi pula di wilayah Jalan Sukabumi Dalam nomor 3 dan Jalan Sukabumi nomor 30 (area Kantor DPRD Kota Bandung), Jumat (26/11/2021).

Tumbangnya pohon ini terjadi saat kondisi hujan deras disertai angin kencang sejak siang sampai sore.

Kepala Bidang Pengendalian Bencana pada Diskar PB Kota Bandung, Dian Rudianto menyebut pohon yang tumbang ialah jenis pohon bunga kupu-kupu dengan miliki diameter 15 sentimeter dan tinggi 6 meter.

"Ada juga pohon jenis angsana berdiameter 40 sentimeter dan tinggi 12 meter. Pohon yang tumbang ialah milik Pemkot Bandung. Pohon yang tumbang ini  menimpa kendaraan roda empat milik warga hingga penyok bagian atapnya," ujarnya saat dihubungi.

Pohon tumbang menimpa mobil di Jalan Sukabumi Dalam, Kota Bandung, Jumat (26/11/2021).
Pohon tumbang menimpa mobil di Jalan Sukabumi Dalam, Kota Bandung, Jumat (26/11/2021). (TRIBUNJABAR.ID/MUHAMAD NANDRI PRILATAMA)

Dian juga menyebut pohon yang tumbang tak hanya menimpa mobil melainkan menghalangi jalan. Selanjutnya, warga sekitar langsung melaporkannya ke Diskar PB Kota Bandung melalui Emergency Call 022-113.

"Kami melakukan evakuasi pohon tumbang ini melibatkan linmas Kelurahan Kacapiring. Alhamdulillah tak ada korban dalam kejadian ini. Penanganan selama 45 menit," ucapnya.

Pohon Angsana Tumbang di Jalan Ahmad Yani

Hujan deras disertai angin kencang terjadi pada Jumat (26/11/2021) siang hingga sore, yang mengakibatkan adanya pohon tumbang di beberapa titik di Kota Bandung dan sempat menghalangi pengguna jalan.

Kepala Bidang Sarana Prasarana dan Informasi pada Dinas Pemadam Kebakaran dan Penanggulangan Bencana (Diskar PB) Kota Bandung, Riani Indrawati menyebutkan, pohon tumbang terjadi di Jalan Ahmad Yani No. 439, Kelurahan Cicadas, Kecamatan Cibeunying Kidul.

Tangkapan layar video pohon tumbang di Jalan Ahmad Yani Kota Bandung, Jumat (26/11/2021).
Tangkapan layar video pohon tumbang di Jalan Ahmad Yani Kota Bandung, Jumat (26/11/2021). (TRIBUNJABAR.ID/MUHAMAD NANDRI PRILATAMA)

"Pohon yang tumbang jenisnya angsana berdiameter sekitar 30 sentimeter dengan tinggi 10 meter. Sempat memang arus lalu lintas tersendat sekitar 20 menit hingga akhirnya lancar kembali," katanya saat dihubungi.

Adapun penyebab dari tumbangnya pohon ini, Riani menduga karena hujan yang sangat deras disertai angin kencang. Dia menyebut ada warga yang langsung mengabarkan kepada Diskar PB Kota Bandung melalui Emergency Call 022-113.

"Kami menurunkan satu unit rescue dengan dibantu aparat Polsek Cibeunying Kidul. Alhamdulillah tak ada korban dalam kejadian ini. Petugas kemudian memotong bagian pohon yang tumbang," katanya. (*)

Sumber: Tribun Jabar
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved