Ribuan Pohon Dipangkas, DPKP3 Siap Ganti Jika Ada yang Tertimpa Pohon Tumbang, Begini Aturannya

Dinas Perumahan dan Kawasan Permukiman, Pertanahan dan Pertamanan (DPKP3) Kota Bandung terus merampingkan pohon untuk menghindari pohon tumbang

Tribun Jabar/Ery Chandra
ILUSTRASI pohon tumbang di Jalan Sudirman, Kota Bandung, beberapa waktu lalu 

Laporan Wartawan Tribun Jabar, Muhamad Nandri Prilatama

TRIBUNJABAR.ID, BANDUNG - Dinas Perumahan dan Kawasan Permukiman, Pertanahan dan Pertamanan (DPKP3) Kota Bandung terus merampingkan pohon untuk menghindari terjadinya pohon tumbang. Apalagi, beberapa hari ini hujan angin kerap terjadi di Kota Bandung.

Kepala Sub Bagian Tata Usaha UPT Penghijauan dan Pemeliharaan Pohon DPKP3 Kota Bandung, Mustofa mengarahkan 30 anggota memangkas pohon-pohon yang dinilai sudah rusak. Pemangkasan ini, katanya, untuk kurangi beban pohon agar tak terjadi hal yang tak diinginkan.

"Biasanya pemangkasan itu dilakukan di titik rawan tumbang. Kami sudah lakukan ini sejak awal tahun dan sampai September 2021 ada sebanyak 2.173 pohon tersebar di 30 kecamatan yang sudah dipangkas," katanya, Jumat (29/10/2021) di Balaikota.

Tak hanya pemangkasan yang dinilai rawan oleh DPKP3, dia juga mengaku pihaknya melayani permohonan dari masyarakat terkait pohon yang berpotensi tumbang.

"Jika melihat ada tanda-tanda pohon itu tumbang hubungi kami bisa lewat media sosial kami atau bersurat," katanya.

Sejak Januari sampai September, lanjutnya, ada sebanyak 181 pohon yang tumbang dan patah dahannya. Faktor penyebabnya, ialah alam seperti hujan deras disertai angin kencang, dan faktor manusia ialah pemotongan akar pohon.

"Kami mengimbau kepada warga untuk sama-sama ikut memelihara pohon dan segera melapor ke kami jika temukan pohon yang dinilai rusak dan berpotensi tumbang," ujarnya seraya meminta warga untuk hindari berteduh di bawah pohon di musim penghujan ini.

Ketika disinggung terkait jika ada warga merasa dirugikan akibat pohon tumbang, Mustofa mengaku pihaknya telah bekerjasama dengan salah satu asuransi untuk membantu kerugian yang dialami warga.

"Asal pohon itu milik Pemkot Bandung dan bukan di atas tanah pribadi. Warga bisa ajukan permohonan kerugian ke DPKP3 jika ada pohon tumbang yang menimpa mobil, rumah, atau kendaraan lain," ucapnya. (*)

Sumber: Tribun Jabar
  • Berita Populer
    Ikuti kami di
    KOMENTAR

    BERITA TERKINI

    © 2022 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
    All Right Reserved