Breaking News:

Gerindra Umumkan Bakal Calonkan Lagi Prabowo, Begini Respons Sejumlah Partai

Partai Gerindra mengumumkan besar kemungkinan Prabowo Subianto kembali menjadi calon presiden pada 2024.

Video Twitter/Dhanil A Simanjuntak
Prabowo Subainto 

TRIBUNJABAR.ID, BANDUNG - Partai Gerindra mengumumkan besar kemungkinan Prabowo Subianto kembali menjadi calon presiden pada 2024. Hal itu menuai sejumlah tanggapan dari partai politik lainnya di Jawa Barat. 

Ketua DPD PDI Perjuangan Jawa Barat, Ono Surono mengaku tak terlalu khawatir atau menjadi terburu-buru terkait keputusan yang diambil Gerindra.

Menurutnya, PDI Perjuangan sudah mempunyai aturan sendiri dan sesuai hasil Kongres V PDI Perjuangan, bahwa hal yang berkaitan dengan calon presiden dan calon wakil presiden merupakan hak preogratif ibu ketua umum.

Baca juga: KH Adib Rofiuddin, Pimpinan Ponpes Buntet Cirebon Doakan Prabowo Subianto Seperti Ini

"Berkaitan kontelasi politik itu merupakan wilayah kewenangan dari ibu ketua umum dan DPP partai. Kami kader di tingkat daerah dipastikan akan tegak lurus terhadap keputusan dari ibu ketua umum," ujarnya saat dihubungi, Minggu (10/10/2021).

Tanggapan lainnya datang dari Ketua DPW PKS Jabar, Haru Suandharu.

Menurutnya, sah-sah saja jika di pusat sudah ada yang mengumumkan untuk calon presiden. Namun, baginya untuk tingkat daerah hal itu terlalu cepat.

"Saya kira situasi di pusat dan daerah itu berbeda. Kalau pusat mereka itu lebih mengacu pada pemilu 2019. Jadi, sah saja berbicara capres dan cawapres. Tapi, kalau buat daerah itu penentuannya nanti setelah pemilu," katanya. 

Baca juga: Menteri Pertahanan Prabowo Subianto Cek KRI Golok, Kapal Perang Canggih Buatan Indonesia

Hal senada diungkapkan Ketua DPD Nasdem Kota Bandung, Rendiana Awangga.

Menurutnya, meskipun Gerindra mengumumkan Prabowo Subianto maju untuk capres 2024, itu tidak bisa langsung merubah kontelasi politik di tingkat daerah. 

"Kecuali kalau sudah ada pasangannya. Mungkin saja bakal berubah (kontelasi). Yang jelas, kami sepertinya masih belum ada ke arah sana (pilkada)," ujarnya. 

Sumber: Tribun Jabar
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved