Breaking News:

Jelajah Kopi Akan Dilakukan di Semua Sentra Kopi yang Ada di Kabupaten Bandung

Jelajah Kopi 2021 rencananya tak hanya dilakukan di daetah Pasirjambu, Ciwidey, dan Rancabali, tapi di seluruh wilayah Kabupaten Bandung yang memiliki

Penulis: Lutfi Ahmad Mauludin | Editor: Giri
Tribun Jabar/Lutfi Ahmad Mauludin
Peserta Jelajah Kopi 2021 menanam kopi di Arboretum Park Alam Endah, Rancabali, Kabupaten Bandung, Rabu (29/9/201). 

Laporan Wartawan Tribun Jabar, Lutfi Ahmad Mauludin

TRIBUNJABAR.ID, BANDUNG - Jelajah Kopi 2021 rencananya tak hanya dilakukan di daetah Pasirjambu, Ciwidey, dan Rancabali, tapi di seluruh wilayah Kabupaten Bandung yang memiliki potensi kopi.

Kepala Bidah Promosi dan Ekonomi Kreatif Dinas Pariwisata Kabupaten Bandung, Vena Andriawan, mengatakan, Jelajah kopi ini merupakan langkah dinas pariwisata dan budaya, bagaimana membuat produk kopi itu bukan hanya dijual bijinya.

"Tetapi kita menjual kopi dari processing-nya, mulai menanam, mengolah biji kopi sampai bisa dinikmati," ujar Vena saat acara Jelajah Kopi 2021 di Arboretum Park Alam Endah, Rancabali, Kabupaten Bandung, Rabu (29/9/201).

"Wisatawan itu di posisikan, bagaimana mereka itu bisa tahu pembuatan secangkir kopi, semua prosesnya dari hulu ke hilir. Oh, ternyata supaya kopi bisa enak, begini tuh, harus nanamnya seperti ini, di-rosting-nya, hingga cupping-nya dan sebagainya," kata Vena.

Vena menjelaskan, selain itu juga ingin memberikan solusi lain, bagaimana agar petani kopi bisa survive tanpa harus menunggu panen. 

"Kan panen itu bisa keukur bulannya, antara Juni atau Juli. Untuk menunggu waktu itu kan lama. Di tengah menunggu, ini akan menjadi solusi agar petani bisa mendapatkan ekstra money," ucap dia.

Vena memaparkan, misalnya,  satu kali trip dibebankan untuk wisatawan, sampai selesai, satu orang Rp 250 ribu. 

"Mereka bisa dapat fasilitas dari mulai naik Land Rover, masuk ke kebun, nanam kopi. Ini misal, ya, soalnya kami belum bisa menghitung berapa biaya yang pas untuk di-publish, untuk per satu orang ini sedang disiapkan," kata Vena.

Sebab, kata Vena, di tengah pandemi ini harus memperhatikan faktor kesehatan. Seperti dilakukan sebelum berangkat, semua di-swab antigen terlebih dulu, dan itu akan memberikan extra cost. 

Halaman
12
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved