Breaking News:

Dalam Sebulan, 7 Domba Milik Warga Dimangsa Macan Penghuni Gunung Sawal

Dalam sebulan ini setidaknya ada 7 ekor domba milik warga yang dimangsa macan tutul (Phantera pardus) penghuni hutan Gunung Sawal.

Penulis: Andri M Dani | Editor: Seli Andina Miranti
Dok. BKSDA Wilayah III Jabar di Ciamis
Seekor domba milik warga di Dusun Palasari Desa Sukahurip Kecamatan Cihaurbeuti Ciamis ditemukan mati dengan perut terkoyak tergeletak di jalan setapak menuju hutan Gunung Sawal, Rabu (22/9) pagi . Domba tersebut dipastikan dimangsa macan tutul penghuni Gunung Sawal pada malam harinya. 

Laporan Wartawan TribunJabar.id, Andri M Dani

TRIBUNJABAR.ID,CIAMIS – Dalam sebulan ini setidaknya ada 7 ekor domba milik warga yang dimangsa macan tutul (Phantera pardus) penghuni hutan Gunung Sawal.

“Ada sekitar 7 ekor domba dan kambing milik warga yang dimangsa macan dalam sebulan ini. Tersebar di 4 lokasi,” ujar Plh Kasi VI BKSDA Wilayah III Jabar di Ciamis, Tatan Kusnandar kepada Tribun Selasa (28/9/2021).

Ke-7 ekor hewan ternak yang dimangsa macan penghuni Gunung Sawal tersebut, dari pendataan petugas di lapangan diantaranya satu ekor di Dusun Palasari Desa Sukahurip Kecamatan Cihaurbeuti.

Baca juga: Macan Tutul Turun Gunung Sawal, Berhasil Terkam Domba dari Kandang Hingga Mati Saat Dibawa ke Hutan

Berikut 2 ekor kambing dan 1 ekor domba di Dusun Gunung Bangka Desa Sukamanah Kecamatan Sindangkasih.

Dan di Dusun Sindanglaya Desa Ciakar Cipaku sebanyak 1 ekor domba serta di Desa Sindangsari sebanyak 2 ekor domba.

Dari wilayah jelajah Tatan memperkirakan macan penghuni Gunung Sawal yang memangsa 7 ekor ternak milik warga di 4 lokasi tersebut dilakukan oleh individu macam yang berbeda. “Diperkirakan ada dua ekor,” katanya.

Sebanyak 1 ekor domba milik warga di Dusun Palasari Desa Sukahurip (Cihaurbeuti) dan 2 ekor kambing serta 1 ekor domba di Dusun Gunung Bangka Desa Sukamanah (Sindangkasih) diperkirakan dimangsa oleh macan yang punya teritorial dengan wilayah jelajah hutan Gunung Sawal bagian Barat.

Sedangkan 2 ekor domba di Desa Sindangsari (Kawali) dan seekor domba di Dusun Sindanglaya Desa Ciakar (Cipaku) menurut Tatan diduga dimangsa olehmacan dengan daerah jelajah (teritorial) hutan Gunung Sawal bagian Utara.

Banyak hal yang menyebabkan munculnya beberapa kejadian macan turun gunung ke pemukiman warga di sisi hutan dan memangsa ternak tersebut.

Baca juga: Geger Penampakan Macan Tutul Sanggabuana di Camera Trap Dedi Mulyadi, Domba Warga Banyak Dimangsa

Halaman
12
Sumber: Tribun Jabar
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved