Breaking News:

Geger Penampakan Macan Tutul Sanggabuana di Camera Trap Dedi Mulyadi, Domba Warga Banyak Dimangsa

Hingga kini sudah ada 30-40 ekor domba yang mati dengan luka yang identik dengan serangan macan tutul yang memang tinggal di sekitar Hutan dan Gunung

Istimewa
Wakil Ketua Komisi IV DPR RI Dedi Mulyadi mendapat laporan dari warga mengenai puluhan ekor domba di Kecamatan Tegalwaru, Kabupaten Karawang mati diterkam oleh macan yang berasal dari Gunung Sanggabuana. 

TRIBUNJABAR.ID - Laporan warga terkait puluhan ekor domba mati diterkam macan sampai ke Wakil Ketua Komisi IV DPR RI Dedi Mulyadi.

Puluhan ekor domba milik warga di Kecamatan Tegalawaru, Kabupaten Karawang, mati diterkam macan yang berasal dari Gunung Sanggabuana.

Setelah didatangi ke lokasi, rupanya domba tersebut dipelihara dengan cara dilepasliarkan di kaki Gunung Sanggabuana.

Baca juga: Dedi Mulyadi Ketemu Kades Kaya Raya Inspiratif, Penghasilan Rp 450 Juta per bulan, Rumah Bak Istana

Lokasi tersebut seharusnya tidak untuk lokasi ternak karena sudah masuk dalam kawasan hutan.

“Ini sih bukan salah macan, tapi warga. Kenapa piara domba di sini (hutan), bukan tempatnya, karena ini bukan permukiman. Ini bukan peruntukkan manusia atau ternak. Ini sama saja mancing macan untuk turun gunung,” ujar Dedi di lokasi.

Dari laporan pemilik, domba mereka mulai diserang macan pasca lebaran 2021 lalu. Hingga kini sudah ada 30-40 ekor domba yang mati dengan luka yang identik dengan serangan macan tutul yang memang tinggal di sekitar Hutan dan Gunung Sanggabuana.

Rencananya warga akan memburu macan tersebut dengan cara memberi racun pada domba yang sudah mati. Sebab macan tersebut akan kembali turun untuk mengambil sisa makanan berupa domba hasil buruan sebagai cadangan makanan.

Dedi yang mengetahui rencana tersebut langsung melarang warga untuk memburu macan. Sebab hal tersebut tidak sepenuhnya salah macan.

Ia menduga ada kerusakan habitat yang menyebabkan macan turun hingga memburu domba ternak.

Baca juga: Macan Tutul Penghuni Gunung Sanggabuana Mangsa Empat Kambing Milik Warga Karawang

“Urusan domba yang mati saya ganti dengan catatan bantu untuk jaga Sanggabuana. Ini kalau domba yang sudah diracun dimakan macan bisa mati. Nanti khawatir gerombolan macan akan turun karena dendam dan akhirnya meneror warga,” ucap Dedi.

Halaman
123
Sumber: Tribun Jabar
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved