Breaking News:

Jembatan Cirahong Ditutup, Ini Jembatan yang Rencananya Akan Jadi Pengganti

Mengingat jembatan Ciharong yang dibangun tahun 1893 tersebut sudah berusia tua, di atas 100 tahun (tepatnya 128 tahun).

Penulis: Andri M Dani | Editor: Ravianto
(dok: Bappeda Ciamis)
Maket rencana pembangunan Jembatan Betman (Benteng –Manonjaya) jembatan perbatasan Kabupaten Ciamis dan Kabupaten Tasikmalaya (dok: Bappeda Ciamis) 

TRIBUNJABAR.ID,CIAMIS – Jembatan double decker Cirahong yang menghubungkan Manonjaya (Tasikmalaya ) dan Ciamis resmi  tertutup  bagi lalu lintas mobil  untuk selamanya sejak tanggal 1 September.

Akses ekonomi kedua daerah pun terancam.

“Setelah Jembatan Cirahong tertutup bagi lalu lintas mobil, upaya yang dilakukan sekarang adalah memperjuangkan rencana pembangunan jembatan Betman segera terealisasi,” ujar Bupati Ciamis H Herdiat Sunarya kepada para wartawan usai menerima donasi sebesar Rp 80 juta dari PPDI dan Apdesi Ciamis untuk penanganan Covid -19 yang berlangsung di Balairung Barat Pendopo Gedung Negara Ciamis, Rabu (8/9) siang.

Jembatan Cirahong (BH  1290) resmi ditutup untuk lalu lintyas mobil sejak tanggal 1 September 2021 oleh PT KAI dengan pertimbangan keselamatan dan kenyamanan perjalanan KA.

Mengingat jembatan Ciharong yang dibangun tahun 1893 tersebut sudah berusia tua, di atas 100 tahun (tepatnya 128 tahun).

Setelah dilakukan perbaikan dan perawatan pada bulan Juli  serta uji coba dialkukan pada bulan Agustus, akhirnya hanya sepeda motor dan pejalan kaki  yang boleh lewat Jembatan Cirahong.

Sementara mobil dan truk dilarang melintas untuk selamanya.

Menyusul ditutupnya Jembatan Cirahong untuk akses lalu lintas mobil tersebut menurut Bupati Herdiat, Pemkab Ciamis dan Pemkab Tasikmalaya sudah berkoordinasi dan melakukan pertemuan dengan Pemprov Jabar.

“Pekan lalu kami sudah berkoordinasi dengan Pemprov Jabar. Pembangunan Jembatan Betman ini harus diperjuangkan segera. Karena tidak mungkin biaya pembangunannya dibebankan pada APBD tingkat kabupaten. Butuh anggarannya tidak sedikit,” katanya.

Untuk pembangunan Jembatan Bertman yang menghubungkan Ciamis dan Manonjauya Tasikmalaya yang akan melintas di atas Sungai Citanduy tersebut membutuhkan anggaran sekitar Rp 600 milyar.

Halaman
12
Sumber: Tribun Jabar
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved