Breaking News:

Ganjil Genap Juga Diberlakukan di Lembang, Kendaraan dari Arah Bandung Dibelokkan ke Cisarua

Kebijakan menerapkan ganjil genap tersebut diterapkan sejak Sabtu (4/9/2021) dan Minggu (5/9/2021) di ruas Jalan Raya Lembang

Penulis: Hilman Kamaludin | Editor: Ravianto
hilman kamaludin/tribun jabar
Kebijakan ganjil genap di Lembang diterapkan sejak Sabtu (4/9/2021) dan Minggu (5/9/2021) di ruas Jalan Raya Lembang 

Laporan Wartawan Tribun Jabar, Hilman Kamaludin

TRIBUNJABAR.ID, BANDUNG BARAT - Aparat kepolisian sudah mulai menerapkan sistem ganjil genap di Kawasan Lembang, Kabupaten Bandung Barat (KBB) untuk menekan mobilitas masyarakat pada akhir pekan ini.

Kebijakan menerapkan ganjil genap tersebut diterapkan sejak Sabtu (4/9/2021) dan Minggu (5/9/2021) di ruas Jalan Raya Lembang tepatnya di Simpang Beatrix serta Simpang Grand Hotel Lembang.

Kasatlantas Polres Cimahi, AKP Sudirianto, mengatakan, untuk kendaraan wisatawan dari arah Cisarua menuju kawasan Lembang yang terjaring ganjil genap, maka akan diarahkan menuju Kota Bandung.

"Sementara kendaraan wisatawan dari arah Bandung menuju Lembang, akan diarahkan ke Cisarua," ujarnya kepada wartawan di Lembang, Bandung Barat, Minggu (5/9/2021).

Sementara untuk kendaraan dari arah Subang yang menuju ke Lembang, kata Sudirianto, sudah disekat oleh Jajaran Polres Subang, sehingga pihaknya lebih fokus pada pelaksanaan ganjil genap di wilayah Lembang.

Ia mengatakan, pola ganjil genap tersebut diharapkan bisa menekan mobilitas wisatawan dari luar daerah yang bakal berlibur di kawasan wisata Lembang, meskipun saat ini objek wisata masih belum diizinkan beroperasi.

"Memang objek wisata masih ditutup, tapi restoran dan kafe sudah boleh buka saat PPKM Level 3 ini diterapkan," kata Sudirianto.

Pada hari pertama ganjil genap di Kawasan Lembang diterapkan, pihaknya sudah melakukan penindakan putarbalik terhadap 107 kendaraan wisatawan berpelat nomor ganjil di Simpang Beatrix sejak pukul 08.00 WIB hingga pukul 11.00 WIB.

Tindakan tersebut dilakukan karena penerapan PPKM level 3, mobilitas masyarakat untuk berkunjung ke kawasan Lembang cenderung meningkat dibanding biasanya meskipun objek wisata masih belum diizinkan buka.

"Hasil pantauan kami belum ada peningkatan signifikan, masih didominasi kendaraan berpelat nomor aglomerasi Bandung Raya," ucapnya.

Untuk diketahui, selain di Kawasan Lembang, penerapan ganjil genap ini sudah diterapkan di daerah Padalarang KBB, sejak Jumat (3/9/2021).

Di titik ini juga, sudah ratusan kendaraan plat nomor luar daerah yang diputarbalikkan.

Sumber: Tribun Jabar
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved