Breaking News:

Selama 2 Tahun Terakhir Baru Sekarang Harga Tomat di Ciamis Rp 20.000/kg, Ini Penyebabnya

Kenaikan harga tomat yang sudah berlangsung sejak tiga minggu terakhir dan kini sudah menembus angka Rp 20.000/kg, ternyata dipicu  oleh anjloknya

Penulis: Andri M Dani | Editor: Mega Nugraha
TRIBUNJABAR.ID/ANDRI M DANI
Petani tomat di kawasan agropolitan sentra sayur mayur Sukamantri, Ciamis, Jumat (30/7/2021). 

Laporan Wartawan Tribun Jabar, Andri M Dani

TRIBUNJABAR.ID,CIAMIS – Kenaikan harga tomat yang sudah berlangsung sejak tiga minggu terakhir dan kini sudah menembus angka Rp 20.000/kg, ternyata dipicu  oleh anjloknya pasokan tomat karena hasil panen petani kurang bagus.

“Informasinya banyak petani yang gagal panen karena cuaca. Kalaupun panen, tomatnya kurang bagus, awon,” ujar Henhen, pedagang sayur di Blok A Pasar Manis Ciamis kepada Tribun Jumat (30/7).

Kenaikan harga tomat di pasar eceran di Pasar Manis tersebut menurut Henhen sudah terjadi sejak sebelum Idul Adha.

Baca juga: Momen Fair Play Lee Yang/Wang Chi Lin Seusai Kalahkan Hendra/Ahsan, Wang: Mereka Idola Kami

“Sekarang harga tomat  bertahan diangka Rp 20.000/kg. Harga tertinggi selama dua tahun terakhir. Mau tomat sayur atau tomat besar sama saja,” katanya.

Tingginya harga tomat tersebut ungkap Henhen, berdampak pada berkurangnya omset penjualan. “Sekarang rata-rata tiap hari terjual paling banyak sekitar 10 kg,” ujar Henhen.

Padahal biasanya jauh lebih banyak, bahkan kadang lebih dari 20 kg/hari.

Tidak hanya omset penjualan yang menurun, pasokan tomat yang diterima juga anjlok. “Pasokan sekarang jadi jauh berkurang, biasanya beli tomat  dari Pasar Cikurubuk Tasikmalaya atau dari Garut,” katanya (andri m dani)  

Harga Cabai Tinggi

Dalam seminggu terakhir harga cabai di tingkat petani sentra sayur mayur kawasan agropolitan Sukamantri Ciamis  turun drastis.

Halaman
12
Sumber: Tribun Jabar
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved