Breaking News:

Titik Lengah Kamu Bisa Berpotensi Tertular Virus Corona Meski Pakai Masker dan Taat Prokes

Dosen Unpad menjelaskan soal titik lengah yang membuat bisa tertular virus corona meski sudah menerapkan protokol kesehatan.

Editor: Mega Nugraha
Pixabay
Kata kata bijak tentang Covid-19 atau virus corona. 

TRIBUNJABAR.ID,BANDUNG-Cara paling aman agar tidak tertular virus corona adalah untuk tidak terlalu sering ke luar rumah, di samping menggunakan masker dan rajin cuci tangan.

Namun, karena situasi darurat, kita harus keluar rumah untuk bekerja atau urusan lain. Namun ingat, jangan lepas masker dan selalu rajin cuci tangan.

Dosen Departemen Ilmu Kesehatan Masyarakat Fakultas Kedokteran Universitas Padjajaran (Unpad) Bandung, Yulia Sofiatin, mengungkap situasi dan waktu berpotensi ada penularan virus corona.

Baca juga: PENTING, Ini Tiga Kriteria Pasien Covid-19 Dinyatakan selesai Isolasi Mandiri, Tak Perlu Tes PCR

Menurutnya, banyak titik lengah yang membuat bisa tertular virus corona meski sudah menerapkan protokol kesehatan atau prokes. 

“Jangan kepedean bahwa di kantor kita sudah menjaga protokol kesehatan. Padahal titik lengahnya banyak yang kita tidak perhatikan,” ujar Yulia dalam acara Ngobrol Edukasi Santai “Mencegah Klaster Kantor dan Klaster Keluarga” yang digelar Klinik Kesehatan Unpad secara virtual, Kamis (15/7/2021), seperti dirangkum dari laman Unpad.

Penularan virus corona di kantor

Meski selama PPKM Darurat pemerintah memberlakukan keharusan karyawan untuk bekerja di rumah, namun ada sektor-sektor tertentu yang harus tetap bekerja di kantor.

Meski di kantor tetap konsisten menerapkan protokol kesehatan, namun ada titik lengahnya, mulai dari perjalanan menuju kantor, apalagi menggunakan transportasi umum.

"Bagi yang menggunakan transportasi umum, pastikan ada sirkulasi udara. Jika sirkulasi udara dalam mobil tidak lancar, hal ini akan menyebabkan aerosol yang mengandung virus bisa lebih lama bertahan di dalam kabin," katanya.

Selama di kantor, sebisa mungkin untuk tidak melepas masker. Sekalipun saat tidak ada teman. Selain itu, sirkulasi udara di kantor juga turut mempengaruhi.

Halaman
123
Sumber: Kompas
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved