Breaking News:

Terpapar Covid-19? Ini Panduan Isolasi Mandiri di Rumah, Perhatikan 3 Bagian Penting Ini

Bagian pertama, kebutuhan sehari-hari penderita Covid-19 harus tetap terjaga dengan baik. Setidaknya ada tiga hal yang perlu dijamin.

Biro Adpim Jabar
Gubernur Jabar Ridwan Kamil saat mengunjungi beberapa lokasi yang menjadi tempat isolasi mandiri (isoman) masyarakat yang terinfeksi virus COVID-19 di Kabupaten Bandung Barat (KBB) dan Kota Bandung, Rabu (14/7/2021). 

TRIBUNJABAR.ID, JAKARTA - Angka kasus positif Covid-19 di Indonesia masih terus menanjak.

Lonjakan kasus Covid-19 pun membuat fasilitas kesehatan kelimpungan. Ruang-ruang perawatan di rumah sakit penuh, bahkan overkapasitas.

Ini menyebabkan sebagian pasien positif Covid-19, terutama yang tanpa gejala dan gejala ringan, terpaksa menjalani isolasi mandiri di rumah.

Dilansir dari Kontan.co.id, Prof Tjandra Yoga Aditama, mantan Direktur Penyakit Menular WHO Asia Tenggara (2018-2020) menilai, sebenarnya cukup banyak hal yang harus disiapkan penderita Covid-19 untuk menjalani isolasi mandiri.

Akan tetapi, secara praktis dia memberikan panduan isolasi mandiri menjadi tiga bagian utama.

Bagian pertama, kebutuhan sehari-hari penderita Covid-19 harus tetap terjaga dengan baik. Setidaknya ada tiga hal yang perlu dijamin.

Baca juga: Baru Selesai Akad Nikah, Resepsi Pernikahan di Kertahayu Ciamis Dibubarkan Satgas Covid-19

1. Makan dan minum yang baik, istirahat yang cukup, ruang isolasi yang patut dengan ventilasi yang baik, pakaian dan tempat tidur yang memadai.

2. Harus dijamin keamanannya, misalnya jangan sampai ada arus pendek listrik di kamar karena pasien tertidur sementara alat elektronik dalam posisi menyala. Penderita Covid-19 juga jangan sampai tergelincir di kamar mandi karena air penuh dan tidak dibersihkan.

3. Harus ada dukungan moral dan sikap positif dari anggota keluarga dan kerabat. Tentu pihak RT/RW setempat harus diinformasikan.

Bagian kedua, adalah aspek kesehatan, yang setidaknya ada empat hal penting yang perlu menjadi perhatian:

Baca juga: Termasuk Rentan Terpapar Covid-19, Perhatikan 4 Gejala Penyakita Asma yang Bisa Muncul

Halaman
12
Sumber: Kontan
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved