Breaking News:

Covid 19 di Jabar

Ada 160 Pasien Covid di Jabar Meninggal Saat Isoman, Peneliti: Fenomena Gunung Es, Ini Kata Emil

Menurut penelitian, ada 160 warga Jawa Barat yang meninggal dunia saat isolasi mandiri.

Penulis: Muhamad Syarif Abdussalam | Editor: taufik ismail
Tribun Jabar/Ahmad Ripai
Gedung Pendidikan dan Pelatihan (Diklat) BKPSDM Kuningan di Desa Cikaso, Kecamatan Kramatmulya, Kuningan, Jawa Barat, dijadikan tempat isolasi mandiri pasien Covid-19 per Senin (4/7/2021). 

Laporan Wartawan TribunJabar.id, Muhamad Syarif Abdussalam

TRIBUNJABAR.ID, BANDUNG - Pusat Informasi dan Koordinasi Covid-19 Jawa Barat mencatat per 12 Juli 2021, dari 89.363 warga yang terkonfirmasi positif Covid-19 di Jawa Barat, hanya 16.334 orang di antaranya yang dirawat di rumah sakit.

Sedangkan 79.029 orang lainnya, menjalani isolasi mandiri (isoman) di pusat isolasi dan kediamannya masing-masing.

Dalam diskusi virtual yang diselenggarakan Center For Indonesia's Strategic Development Initiatives (Cisdi), Senin (12/7/2021), Co-Inisiator Lapor Covid-19, Ahmad Arif, menyatakan berdasarkan data terakhir hari itu, tercatat 160 warga Jabar yang tengah menjalani isolasi mandiri Covid-19 yang meninggal dunia.

Ia menyatakan berdasarkan upaya pengumpulan data Lapor Covid-19, Jawa Barat menempati posisi pertama sebagai daerah dengan angka terbanyak kematian pasien Covid-19 di luar rumah sakit.

Posisi kedua adalah DI Yogyakarta dengan 84 laporan, kemudian Banten dengan 63 laporan.

Arif mengatakan angka-angka tersebut didapat dari laporan dan verifikasi melalui berbagai media sosial atau aplikasi pesan, serta sejumlah berita di media massa.

Kemudian ditemukan sampai 12 Juli 2021, totalnya di Indonesia terdapat 451 kematian pasien Covid-19 yang tengah menjalani isolasi mandiri.

Arif pun yakin bahwa data ini adalah fenomena gunung es karena bisa saja banyak data kematian yang belum terlacak dan terlaporkan.

Ia pun menyoroti mulai banyaknya laporan kasus serupa dari luar Pulau Jawa.

Halaman
12
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved