Breaking News:

Ponselmu Mulai Lemot? Lakukan 11 Cara Ini untuk Buat Ponsel Android Tidak Gampang Lemot

Ternyata, ada solusi lain untuk mengatasi ponsel Android yang menjadi lemot, caranya pun bisa dilakukan dengan mudah.

chip
Ilustrasi Ponsel Android 

TRIBUNJABAR.ID - Ponsel yang berubah lemot atau lambat seringkali menjadi masalah yang dirasakan pengguna ponsel Android.

Biasanya, masalah 'lemot' tersebut dijumpai pada ponsel Android yang sudah lama masa penggunaannya.

Solusi yang paling mudah adalah mengganti ponsel Android lama dengan perangkat yang lebih anyar, namun hal ini tentu butuh bujet yang lumayan.

Baca juga: Notifikasi Peringatan Gempa Bumi di Indonesia Termasuk dalam Fitur Baru Android 11

Ternyata, ada solusi lain untuk mengatasi ponsel Android yang menjadi lemot, caranya pun bisa dilakukan dengan mudah.

Dilansir dari Kompas.com, berikut adalah 11 cara yang bisa bikin ponsel Android tidak gampang lemot.

1. Bersihkan data dengan aplikasi Files

Aplikasi Files bisa diunduh di Google Play Store.

Dengan aplikasi ini Anda bisa membersihkan beragam file atau dokumen “sampah” yang tidak diperlukan lagi oleh ponsel.

Dengan begitu, beban media penyimpanan ponsel (storage) akan semakin ringan dan performa pun kemungkinan akan meningkat. Caranya mudah.

Buka aplikasi Files, pilih tab "Clean" dan klik tombol "Clean" di bagian "Junk files".

Aplikasi ini juga bisa dipakai untuk membersihkan aneka foto atau video yang tidak dibutuhkan, file yang sudah diunduh, hingga aneka file berukuran besar untuk memperluas storage perangkat.

2. Hapus aplikasi tak terpakai

Cara yang kedua adalah menghapus aplikasi yang sudah tidak terpakai.

Aplikasi berpengaruh pada storage dan RAM. Makin banyak aplikasi otomatis akan membuat memori ponsel penuh dan RAM menjadi makin berat.

Untuk menghapus aplikasi, Anda bisa meng-uninstallnya melalui menu “Settings”. Setelah itu pilih “Apps” dan periksa aplikasi-aplikasi di sana.

Cari aplikasi yang sekiranya memang sudah tidak lagi Anda butuhkan atau dirasa kurang berguna.

Baca juga: Ini Cara Mengatasi Google Terus Berhenti di HP Android, Akun Google Beri Saran untuk Pengguna Pixel

3. Perbarui OS secara berkala

OS terbaru juga akan meningkatkan performa ponsel. Karena itu jangan lupa untuk mengecek ketersediaan pembaruan (update) OS secara berkala.

Langkah untuk memperbarui OS bervariasi tergantung pembuat ponselnya.

Namun, biasanya Anda bisa meng-update OS dengan cara masuk ke menu "Setting" > "About device" > dan "Software update". Lalu, klik tombol "Check for updates".

Bila menemukan pembaruan, segera unduh dan pasang ke ponsel Anda. Biasanya, selain memperbaiki kinerja, pembaruan ini juga berisi bermacam fitur baru.

4. Menggunakan aplikasi versi “Lite”

Beberapa aplikasi populer memiliki versi “Lite” atau ringan. Versi ini hadir dengan ukuran memori yang lebih kecil ketimbang versi biasanya.

Beberapa aplikasi yang memiliki versi “Lite” adalah Facebook, Line, dan TikTok. Anda bisa mengunduh versi “Lite” dari aplikasi tersebut di Google Play Store.

5. Restart ponsel secara berkala

Kegiatan mematikan ponsel dan menyalakannya kembali (restart) diyakini bisa meningkatkan performa ponsel.

Sebab, ketika ponsel di-restart, sistem konon bakal menghapus aneka sampah di storage dan RAM.

Artinya, tak ada salahnya untuk bisa me-restart ponsel secara berkala apabila Anda memiliki ponsel dengan RAM yang sedikit

6. Matikan animasi

Tampilan animasi yang dimatikan atau dipercepat bisa meningkatkan performa ponsel Android secara visual. Caranya bisa saja bervariasi antar vendor ponsel.

Namun, biasanya Anda bisa mematikannya melalui menu "Settings" > dan "About phone". Kemudian cari menu "Device information" atau "Systems".

Dari menu tersebut, cari kolom yang menampilkan "Build number".

Baca juga: Muncul Pesan Google Terus Berhenti, Netizen Laporkan Google di Android Error, Ini Tips Mengatasinya

Sentuhlah kolom tersebut sebanyak 7 kali untuk mengaktifkan mode Developer. Setelahnya, di dalam menu "Settings", akan muncul pilihan "Developer option".

Masuklah ke sana dan temukan kolom "Window animation scale", "Transition animation scale", serta "Animation duration scale". Secara berurutan, ubah angka yang tertera menjadi "0.5x" atau "Animation off".

7. Bersihkan home screen

Selanjutnya adalah membersihkan home screen. Seringkali home screen dipenuhi oleh shortcut-shortcut aplikasi.

Selain itu pemilihan wallpaper juga bisa memengaruhi kinerja ponsel.

Hindari wallpaper bergerak karena ini berperan membebani kinerja ponsel.

Lalu, hapus aneka widgets atau pelengkap layar yang dimuat di home screen karena hal ini turut berkontribusi terhadap peningkatan performa ponsel.

8. Hentikan aplikasi yang boros baterai

Selain menghapus, Anda bisa menghentikan sejumlah aplikasi yang sedang berjalan di ponsel yang tentunya akan membuat baterai ponsel cepat habis.

Untuk melakukannya Anda cukup mengunjungi menu "Settings" > dan "Apps". Lalu, pilih aplikasi yang ingin dihentikan dan klik tombol "Force stop". Selain itu, hindari pemasangan aplikasi yang berfungsi untuk menghemat baterai.

Karena, aplikasi semacam ini biasanya dibekali dengan iklan yang bakal dimuat dan membuat ponsel menjadi lambat

9. Rutin bersihkan cache aplikasi

Caranya yakni pilih menu “Settings” kemudian pilih “Apps”. Lalu, pilih aplikasi yang biasanya menyimpan banyak cache, misalnya Facebook dan pilih menu "Storage and cache". Terakhir, pilih tombol "Clear cache".

Untuk mempermudah, Anda juga bisa juga menggunakan aplikasi pihak ketiga yang bisa membersihkan cache, seperti CC Cleaner atau Clean Master.

Baca juga: 7 Rekomendasi Aplikasi Mirip Ome TV Untuk Android

10. Matikan fitur tidak penting

Ketika tidak sedang digunakan, Anda bisa mematikan fitur-fitur Android yang tidak penting untuk meningkatkan performa ponsel Anda.

Beberapa di antaranya seperti fitur Always-on Display di sejumlah ponsel dengan layar AMOLED, fitur Bluetooth, koneksi data apabila WiFi tersedia, Battery Saver, GPS, NFC, dan sejenisnya.

Anda juga bisa mematikan fitur auto-sync untuk mematikan kemampuan sinkronisasi berbagai aplikasi yang terpasang di ponsel Anda dengan cara mengunjungi "Settings" > dan "Accounts".

Ketika fitur auto-sync dimatikan, maka aplikasi macam Gmail atau Facebook tidak akan memperbarui informasinya kepada pengguna kecuali aplikasinya dibuka.

11. Reset ponsel

Jalan termudah untuk memperbaiki kinerja ponsel Android Anda adalah melakukan Factory Reset.

Ini akan membuat software ponsel kembali pada kondisi saat Anda baru membelinya dan membersihkan segala data yang ada di dalamnya. Biasanya, factory reset bisa dilakukan dengan mengunjungi menu "System" > "Reset" > dan "Erase all data".

Baca juga: Akhir Pekan Lebih Seru Dengan Smart Cinemax Soundbar Android 4K Ultra HD Layar Lebar 55 Inci

Namun risikonya adalah semua aplikasi dan data-data pada ponsel Anda akan terhapus. Karena itu, jika hendak me-reset ponsel, sebaiknya back-up dulu data-data yang dirasa cukup penting pada ponsel Anda.

Artikel ini telah tayang di Kompas.com dengan judul Catat, Ini 11 Cara yang Bisa Bikin Ponsel Android Tidak Gampang Lemot

Sumber: Kompas
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved