Breaking News:

Soal PPKM Mikro Darurat, Pengamat Ekonomi Berharap Pemerintah Punya Terobosan Kebijakan Ekonomi

Pengamat ekonomi dari Universitas Pasundan, Acuviarta Kartabi berharap ada kebijakan ekonomi yang tepat di saat pemberlakuan PPKM mikro darurat

Dokumen Pribadi
Acuviarta Kartabi, Pengamat Ekonomi, Dosen Fakultas Ekonomi dan Bisnis Universitas Pasundan 

TRIBUNJABAR.ID, BANDUNG - Pengamat ekonomi dari Universitas Pasundan, Acuviarta Kartabi memiliki pandangannya terkait kebijakan yang bakal diterapkan oleh pemerintah pusat hingga daerah mengenai PPKM mikro darurat yang salahsatu poinnya ada yang terkait dengan ekonomi, seperti pembatasan jam operasional mal atau pusat perbelanjaan.

Menurutnya, pemberlakuan PPKM mikro darurat akan sangat terasa oleh masyarakat utamanya dari segi ekonomi.

Hal itu dikarenakan terjadinya perlambatan mobilitas sehingga berpengaruh pada transaksi ekonomi.

"Percepatan penanganan kesehatan harus dioptimalkan termasuk percepatan vaksin. Semakin efektif penanganan covid di masa PPKM mikro darurat maka semakin cepat kita bisa mulai aktivitas ekonomi. Saya melihat dampak utama ada pada konsumsi rumah tangga, investasi maupun pengeluaran pemerintah," katanya saat dihubungi, Kamis (1/7/2021).

Baca juga: Saat PPKM Darurat Apakah Apotek Bisa Beroperasi 24 Jam? Ini Penjelasan Pemerintah

Acuviarta pun berharap adanya PPKM mikro darurat nanti tidak lama sehingga perlu adanya dukungan dari semua pihak.

Apalagi, situasi saat ini peningkatan kasus positif terjadi di beberapa kota besar dan daerah lain di Jawa Barat selama dua pekan terakhir.

"Di satu sisi harus disikapi secara tegas dalam koridor perlindungan kesehatan baik bersifat pencegahan maupun penindakan atau penanganan warga yang terpapar covid. Tentu kalau efek ekonomi pasti terjadi di Juli ini maupun target-target indikator ekonomi di triwulan III," katanya.

Aspek lainnya yang menjadi penentu kinerja ekonomi di triwulan dan bulan berikutnya yakni katanya aspek pencegahan dan penindakan. Ketika ditanyakan apakah kondisi itu bakal membahayakan pada kondisi ekonomi saat ini dan ke depan, Acuviarta pun menjawab bahwa hal itu akan terjadi.

"Jadi, kita harus lihat kembali tindakan atau bauran kebijakan sebelumnya dalam sikapi dinamika perkembangan terkini. Di Jabar, saya melihatnya Satgas sudah punya SOP yang baku," katanya.

Baca juga: PPKM Darurat Diberlakukan, Bagaimana Salat Jumat Besok di Kota Bandung? Ini Kata Pemkot

Dia juga berharap akan ada terobosan-terobosan baru dari sisi ekonomi guna menghadirkan pemulihan yang berefek ke daerah maupun nasional.

Halaman
12
Sumber: Tribun Jabar
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved