Breaking News:

Pusat Perbelanjaan Mulai Diserbu Pengunjung, Waspada, Pakai Masker Juga Rawan Terpapar Covid-19

Waspada, kerumunan masyarakat di tempat umum juga rawan menyebarkan virus corona penyebab Covid-19 meskipun sudah memakai masker.

Istimewa
ilustrasi- Waspada, kerumunan masyarakat di tempat umum juga rawan menyebarkan virus corona penyebab Covid-19 meskipun sudah memakai masker. 

TRIBUNJABAR.ID, BANDUNG - Jelang Hari Raya Idul Fitri atau lebaran, pusat perbelanjaan mulai ramai dikunjungi masyarakat. Bahkan dikabarkan sejumlah tempat perbelanjaan seperti Pasar Tanah Abang di Jakarta dan Pasar Baru Trade Center di Bandung diserbu oleh warga yang ingin berbelanja.

Kondisi ini harus diwaspadai, karena meski menggunakan masker, kemungkinan terjadinya penularan atau penyebaran virus Corona bisa saja terjadi.

Kerumunan, berdesakan tanpa ada jarak bisa memicu kuat terjadinya penyebaran Covid-19.

Baca juga: UPDATE COVID-19 Tren Kesembuhan Naik, Jokowi Minta Masyarakat Tetap Waspada & Tak Remehkan Covid-19

Dikutip dari Kontan.Id, kerumunan masyarakat di tempat umum rawan menyebarkan virus corona penyebab Covid-19 meskipun sudah memakai masker.

Pasalnya, protokol kesehatan untuk mencegah Covid-19 bukan hanya mengandalkan masker saja.

Pasar Tanah Abang yang dipadati pengunjung ramai dibincangkan di media sosial dan menjadi fokus pemberitaan banyak media. Kepadatan terjadi karena banyak orang ingin berbelanja pakaian lebaran.

Selain Pasar Tanah Abang, beberapa lokasi perbelanjaan lain, termasuk di luar DKI Jakarta, juga tampak dipenuhi pengunjung yang ingin berbelanja baju untuk Hari Raya Lebaran. Meski kebanyakan pengunjung masih memakai masker, namun protokol kesehatan seperti menjaga jarak fisik dan menghindari kerumunan tentu sulit diterapkan.

Tapi, banyak di antara mereka yang mungkin masih merasa aman dari penularan Covid-19 selama menggunakan masker, meskipun berada di tengah kerumunan.

Fenomena ini membuat kita perlu memikirkan kembali, apakah berkerumun dan tidak menjaga jarak tidak membuat kita berisiko tertular Covid-19 selama memakai masker? Sayangnya, jawabannya adalah tidak.

Baca juga: VIDEO-Pusat Perbelanjaan Ramai, Satgas Penanganan Covid-19 Karawang Tambah Titik Penyekatan

Pakai masker tak dijamin cegah tertular Covid-19
 

Halaman
1234
Editor: Siti Fatimah
Sumber: Kontan
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved