Breaking News:

Disdik Jabar Akan Ubah Skema PPDB 2021, Sekolah Swasta Juga Dilibatkan, Begini Alasannya

Dinas Pendidikan Provinsi Jawa Barat akan mengubah skema dan proses seleksi pada  penerimaan peserta didik baru (PPDB) jenjang SMA/SMK tahun 2021.

Tribun Jabar/Cipta Permana
Kadisdik Jabar, Dedi Supandi (kanan) didampingi Kepala Bidang Pembinaan SMA, Yesa Sarwedi (kiri), menjelaskan kepada awak media terkait perubahan skema pada pelaksanaan PPDB 2021 di Aula Ki Hajar Dewantara Kantor Disdik Jabar, Rabu (10/2/2021). 

Laporan wartawan TribunJabar.id, Cipta Permana

TRIBUNJABAR.ID, BANDUNG - Dinas Pendidikan Provinsi Jawa Barat akan mengubah skema dan proses seleksi pada  penerimaan peserta didik baru (PPDB) jenjang SMA/SMK tahun 2021.

Sekolah swasta akan dimasukkan dalam proses PPDB.

Kepala Dinas Pendidikan Provinsi Jawa Barat, Dedi Supandi, mengatakan, tujuan mengikutsertakan sekolah swasta dalam sistem PPDB 2021, karena selama ini banyak calon peserta didik yang gagal dalam PPDB seiring jumlah sekolah negeri di Jawa Barat yang sangat terbatas.

Hal tersebut, ditunjukkan pada kondisi PPDB 2020/ Jumlah sekolah negeri tingkat SMA, SMK, dan SLB di Jawa Barat hanya terdapat 833 unit.

Sedangkan jumlah sekolah swasta mencapai 4.146.

"Kemarin dari PPDB 2020, jumlah calon peserta didik di tingkat SMA/SMK/SLB hanya terserap 41 persen. Maka, untuk tahun ini kami ingin mencoba agar sekolah swasta bisa masuk PPDB, sehingga pilihan sekolah bagi calon peserta didik dapat lebih banyak," ujarnya dalam kegiatan Teras Radjiman 6 edisi pertama di Kantor Disdik Jabar, Rabu (10/2/2021).

Ketua Umum PSSI Mochmad Iriawan Memohon Hal Ini kepada Suporter Jika Liga 1 2021 Digelar

Gea Aulia Ajak Perempuan Tetap Waras Saat Menjadi Ibu, Dirikan Komunitas Keep Waras

Dedi menuturkan, dengan perubahan skema ini, siswa kurang mampu yang masuk ke sekolah swasta tidak harus dibebani pembiayaan. Sebab, Disdik Jabar akan memberi bantuan Rp 2 juta untuk setiap siswa tersebut.

Meski demikian, terdapat beberapa persyaratan yang harus dipenuhi oleh calon peserta didik tersebut. Satu di antaranya 
memberi bukti bahwa yang bersangkutan ikut dalam PPDB 2021 dan mencoba mendafarkan diri ke sekolah negeri.

"Mereka yang masuk kategori rawan melanjutkan pendidikan (RMP) akan tetap dibantu meski masuk ke sekolah swasta. Sehingga setiap siswa RMP tidak dipusingkan dengan biaya selama dia mengenyam pendidikan," ucapnya.

Halaman
12
Penulis: Cipta Permana
Editor: Giri
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved