Breaking News:

Ramalan Cuaca Hari Ini, Mengapa Dua Hari Ini Bandung Sangat Dingin dan Hujan? Ini Penjelasan BMKG

Yan Firdaus mengatakan, penyebab suhu Kota  Bandung terasa lebih dingin dibandingkan biasanya, karena telah memasukinya puncak musim penghujan.

Editor: Ravianto
Tribun Jabar
Ilustrasi Hujan 2 

TRIBUNJABAR.ID, BANDUNG - Sudah dua hari ini, suhu udara di Bandung terasa lebih dingin dari hari sebelumnya.

Hujan yang mengguyur sejak subuh menambah dingin cuaca Bandung.

Awan mendung pun tampak terlihat di kawasan Bandung sejak pagi.

Menurut laman resmi Badan Meteorologi Klimatologi dan Geofisika (BMKG) Bandung, suhu di Bandung hari Selasa kemarin mencapai 22 derajat celcius dengan kelembaban air 75 persen dan kecepatan tiupan angin mencapai 10 km per jam. 

Kepala BMKG Stasiun Geofisika Bandung, Teguh Rahayu mengatakan, kondisi suhu dingin dipengaruhi oleh beberapa faktor, di antaranya embusan angin kencang yang terjadi pada musim hujan saat ini

"Perubahan atau peningkatan suhu ini kondisi umum yang terjadi saat sebelum hingga terjadi turunnya hujan, hal ini pun dipengaruhi oleh adanya peningkatan kecepatan angin yang berembus cukup kencang," ujarnya saat dihubungi, Selasa (19/1/2021)

Selain itu, terbentuknya awan hujan seperti awan cumulonimbus (Cb) ketika turun hujan pada dini hari kemarin hingga beberapa hari ke depan akan mengembuskan angin (dowsburst) yang menyebabkan angin kencang dan temperatur terasa lebih dingin.

"Selain kedua faktor tersebut, ada juga faktor regional yang dapat mempengaruhi yaitu, semakin kuatnya aktivitas angin monsun Asia maka akan menambah kencangnya angin di skala lokal. Tapi, pengaruh ini tidak sesignifikan dibanding meningkatnya kecepatan embusan angin dan terbentuknya awan hujan sehingga sebabkan hujan turun dini hari tadi," ucapnya kemarin.

Pihaknya mengimbau kepada masyarakat saat terjadi angin kencang disertai curah hujan dengan intensitas tinggi, maka jauhi tebing dengan kemiringan atau perbukitan yang ekstrem. 

"Kami imbau saat angin kencang dan hujan deras agar jauhi tebing dan wilayah perbukitan dengan kondisi ekstrem, karena akan berpotensi menimbulkan longsor. Selain itu,  jauhi juga aliran sungai, untuk mengantisipasi meluapnya sungai akibat curah hujan tinggi," katanya.

Halaman
1234
Sumber: Tribun Jabar
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved