Penanganan Virus Corona

Erick Thohir Pastikan Distribusi Berjalan Baik, Minta Pemda Jaga Penyimpanan Vaksin

Menteri BUMN RI Erick Thohir, memastikan distribusi vaksin Covid-19 ke 34 provinsi di Indonesia berjalan lancar

Tribunnews
Menteri BUMN Erick Thohir- Menteri BUMN RI sekaligus Ketua Pelaksana Komite Penanganan Covid-19 dan Pemulihan Ekonomi Nasional, Erick Thohir, memastikan distribusi vaksin Covid-19 ke 34 provinsi di Indonesia berjalan lancar 

TRIBUNJABAR.ID, BANDUNG - Menteri BUMN RI sekaligus Ketua Pelaksana Komite Penanganan Covid-19 dan Pemulihan Ekonomi Nasional, Erick Thohir, memastikan distribusi vaksin Covid-19 ke 34 provinsi di Indonesia berjalan lancar.

"Filenya sendiri itu sudah ada barcode-nya, di boksnya ada barcode-nya. di kotak besarnya, di dalamnya pendingin, ada barcode-nya. Kita juga bisa melihat tadi contoh ada mobil yang tadi perjalanan pulang, kita bisa lihat nomor berapa, kecepatan berapa, kira-kira sampai di sini jam berapa. Supirnya berenti di warung tegal, kita bisa juga dideteksi, cuman nggak bisa tahu makannya apa," kata Erick saat meninjau Bio Farma Bandung, Kamis (7/1/2021). 

Erick mengatakan hal ini membuktikan bahwa Biofarma serius untuk menjalankan tugasnya, mengirimkan vaksin ke 34 provinsi.

Baca juga: Tidak Hanya Perawat dan Dokter, Dua Profesi Ini Juga Jadi Target Pertama Vaksinasi Covid-19

 Erick pun meminta pemerintah daerah menjaga secara sangat serius penyimpanan vaksin Covid-19 di setiap ruang penyimpannan supaya tidak rusak. 

"Saya mohon dengan hormat kepada para pimpinan daerah, karena ini vaksinnya harus di 2 sampai 8 derajat (Celcius), jangan sampai ada kegagalan di penyimpanan. Karena kenapa, kalau tadi tidak di 2 sampai 8 derajat, vaksin yang akan dilakukan itu tentu kualitasnya sudah tidak sesuai," katanya. 

Dalam kesempatan tersebut, dirinya pun mengecek langsung vaksin yang sudah ada di Biofarma. Storage atau penyimpanannya jelas sudah sesuai standar.

Biofarma memiliki 10 storage dengan suhu penyimpanan 2 sampai 8 derajat Celcius.

Baca juga: DPRD Jabar Desak Pengadaan RS Darurat Covid-19, Sejumlah Rumah Sakit Sudah Waiting List Pasien Covid

"Masing-masing storage bisa menampung sampai 8 juta (dosis vaksin). Jadi kalau 10 storage, itu 80 juta, bahkan juga ada empat storage yang minus 20 (derajat Celcius). Ini untuk vaksin jenis lainnya," katanya.

Siapkan Produksi

Biofarma sendiri, katanya, sudah mempersiapkan kapasitas produksi vaksin Covid-19. Kapasitas produksi 250 juta vaksin per tahun, katanya, sudah siap. Sebab telah mendapat sertifikasi produksi 100 juta dosis vaksin tambahan dari Badan POM.

"Insyaallah BPOM mendukung supaya kapasitas 250 juta," katanya.

Presiden RI, katanya, sudah menargetkan distribusi vaksin Covid-19 di tahap awal 5,8 juta, lalu di Januari-Februari sebanyak 10,45 juta vaksin, dan Maret distribusi 13,3 juta vaksin.

"Karena itu, saya cek juga kesiapan produksi. Alhamdulillah, Biofarma juga sudah mempersiapkan dengan baik. Tentu kedatangan saya di sini ingin memastikan infrastruktur vaksin baik untuk delivery, produksi, sudah sesuai dengan standar setiap kita maukan sejak awal," katanya.

Baca juga: Cegah Penyebaran Covid, 100 Pelayan Publik di Purwakarta Diperiksa Pascalibur Natal dan Tahun Baru

Tetap Sesuai Standar Internasional

Halaman
12
  • Berita Populer
    Ikuti kami di
    KOMENTAR

    BERITA TERKINI

    © 2023 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
    All Right Reserved