Breaking News:

Tiga Rektor di Bandung Tanggapi Soal Kuliah Tatap Muka yang Dibolehkan Menteri Mulai Januari

Mendikbud membolehkan kegiatan belajar tatap muka termasuk kuliah tatap muka untuk kembali digelar mulai Januari 2021.

Kolase TribunJabar.id (Tribunnews dan TribunJabar.id)
ILUSTRASI: Tiga Rektor di Bandung Tanggapi Soal Kuliah Tatap Muka yang Dibolehkan Menteri Mulai Januari 

Laporan Wartawan Tribun Jabar, Cipta Permana

TRIBUNJABAR.ID, BANDUNG - Menteri Pendidikan dan Kebudayaan (Mendikbud), Nadiem Makarim telah mengumumkan diperbolehkannya kegiatan belajar tatap muka termasuk kuliah tatap muka untuk kembali digelar mulai Januari 2021.

Kebijakan ini, berdasarkan keputusan bersama empat menteri yakni, Menteri Kesehatan, Mendikbud, Menteri Agama, dan Menteri Dalam Negeri.

Menanggapi kabar baik tersebut, Rektor Universitas Pendidikan Indonesia ( Rektor UPI), Prof Dr M Solehuddin MPd MA mengatakan, meskipun pihaknya masih menunggu arahan lebih lanjut dari pernyataan Mendikbud terkait persiapan dan ketentuan belajar tatap muka di masa pandemi Covid-19.

Baca juga: Kuliah Tatap Muka Juga Segera Dibuka Januari 2021, Teknis Perkuliahan Sedang Digodok

Baca juga: Belajar Tatap Muka Digelar Januari 2021, Desy Ratnasari Keselamatan Anak Harus Diutamakan

Meski demikian, pihaknya saat ini akan membahas lebih lanjut terkait beberapa persiapan teknis pelaksanaan bila perkuliahan tatap muka jadi digelar awal tahun nanti

"Kalau Pak Menteri sudah membolehkan, maka nanti kita tindaklanjuti. Yang, pasti kita akan mulai bersiap mulai saat ini meskipun kami belum menentukan kapan mengumumkan kepada para mahasiswa untuk dapat menggelar perkuliahan perdana luring, setelah selama ini perkuliahan hanya digelar secara daring karena pandemi," ujarnya saat dikonfirmasi melalui sambungan telepon, Sabtu (21/11/2020) 

Menurutnya, merubah kebiasaan para dosen dan mahasiswa untuk menggelar perkuliahan secara luring dengan tetap disiplin menerapkan protokol kesehatan menjadi fokus dari persiapan yang akan dilakukannya.

Termasuk, menggelar pemeriksan kesehatan melalui rapid dan swab test pun akan menjadi bahasan pihak kampus sebelum membuka kembali kegiatan perkuliahan tatap muka.

Ya nanti kita bicarakan dulu dengan unit terkait keperluan dan kelayakannya seperti apa, tapi kami akan mempersiapkan segala kebutuhan guna menunjang dilaksanakan perkuliahan secara luring ini," ucapnya.

Baca juga: Belajar Tatap Muka Digelar Januari 2021, Bagaimana di Kota Bandung? Ini Kata Wali Kota Oded M Danial

Baca juga: 5 Aturan Pembelajaran Tatap Muka, Mendikbud Nadiem Makarim: Boleh Diadakan, Tapi Tidak Diwajibkan

Sementara itu, Rektor Universitas Islam Bandung ( Rektor Unisba), Prof. Edi Setiadi menanggapi positif rencana kebijakan Mendikbud terkait mengembalikan kegiatan belajar mengajar secara luring.

Halaman
123
Penulis: Cipta Permana
Editor: Dedy Herdiana
Sumber: Tribun Jabar
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2020 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved