Breaking News:

Pilkada Kabupaten Sukabumi

Calon Bupati Sukabumi Marwan Hamami Jelaskan Progam Utama Bidang Kesehatan dan Ekonomi, Wajib Tahu!

Calon Bupati Sukabumi nomor urut dua Marwan Hamami perkenalkan program utama di bidang Kesehatan dan Ekonomi pada Pilkada Sukabumi 2020.

Tribun Jabar/M Rizal Jalaludin
Marwan Hamami dan Iyos Somantri (ketiga dari kiri) saat lakukan konferensi pers seusai pengundian nomor urut, Kamis (24/9/2020). 

Laporan Kontributor Kabupaten Sukabumi M Rizal Jalaludin

TRIBUNJABAR.ID, SUKABUMI - Calon Bupati Sukabumi nomor urut dua Marwan Hamami perkenalkan program utama di bidang Kesehatan dan Ekonomi pada Pemilihan Bupati (Pilbup) dan Wakil Bupati atau Pilkada Sukabumi 2020.

Marwan mengatakan, visi misinya di bidang pendidikan, ekonomi, kesehatan hingga pariwisata sudah dilaksanakan di periode sebelumnya.

Kendati demikian, jika kembali terpilih dirinya akan melanjutkan pembangunan di bidang tersebut menjadi lebih baik.

Baca juga: Inilah Curhatan Ade Londok Mundur Jadi Artis, Kini Bantah Bukan Karena Malih, Begini Pengakuannya

Baca juga: Potret Lucu Gala Sky, Bayi Vanessa Angel Makin Menggemaskan, Jadi Obat Ibunya di Kala Susah

"Jelas, dengan kita berharap bahwa sektor IPM itu bisa meningkat, salah satu yang kita wujudkan infrastruktur penunjang. Ketika awal saya jadi Bupati melakukan survey lapangan masyarakat kebanyakan menginginkan jalan bagus, barulah ke yang lain. Dari sini kita mempelajari potensi-potensi yang bisa kita lakukan. Kita bersyukur bisa merubah kajian lapangan. Sehingga alhamdulillah jalan Sukabumi bisa ngageleser (mulus)," ujar Marwan di rumahnya, Cimelati, Kecamatan Sukaraja, Jumat (6/11/2020).

"Kemudian 2017 saya merubah cara birokrasi, tidak mengacu lagi ke industri manufaktur sektor padat karya. Tapi, padat karyanya kita alihkan ke sektor pariwisata, sehingga pertanian terjadi peningkatan. Sehingga ada kenaikan orbit UMK," katanya.

Dengan begitu, di waktu itu dirinya berhasil mengembangkan destinasi wisata Ciletuh Palabuhanratu Unesco Global Geopark (CPUGG) atau lebih dikenal Geopark Ciletuh Palabuhanratu.

Dengan adanya Geopark itu, ia berhasil membuat wanita yang biasanya menjadi Tenaga Kerja Wanita (TKW) di luar negeri, menjadi guide pariwisata hingga mengelola home stay.

"Dari sini tentunya kita melihat peluang dari pariwisata, contoh Geopark Ciletuh, dulu di Ciletuh itu perempuannya kerja ke luar negeri jadi TKW. Hari ini dengan adanya Geopark Ciletuh ini memberdayakan perempuan seperti dengan adanya home stay. Jadi mereka meyakinkan potensi yang dimiliki untuk dijual," jelasnya.

Di bidang kesehatan, ia menerangkan sudah banyak perhatian yang dilakukan Pemda semasa kepemimpinannya ke bidang kesehatan.

Halaman
12
Penulis: M RIZAL JALALUDIN
Editor: Kisdiantoro
Sumber: Tribun Jabar
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved