Berbagi Makanan dan Sembako, Ketua YKKJRK: Anggaplah Orang Lain Lebih Utama dari Diri Sendiri

Pemandangan baksos ini selalu terjadi di setiap YKKJRK menggelar baksos rutin setiap minggu yang dilakukan dua hari berturut-turut, Minggu dan Senin.

Penulis: Kemal Setia Permana | Editor: Dedy Herdiana
Istimewa
Sejumlah pemulung yang sedang beristirahat di pinggir jalan Kota Bandung menerima paket makanan dan sembako pada kegiatan bakti sosial rutin yang digelar YKKJRK dibantu tim dari Javaretro Suites Hotel, dan TNI dari Kodam III/Siliwangi serta Garnisun Tap II/Bandung pada Minggu dan Senin (27-28/9/2020). 

Laporan Wartawan Tribun Jabar, Kemal Setia Permana

TRIBUNJABAR.ID, BANDUNG - Sejumlah pemulung yang sedang beristirahat di sebuah jalan Kota Bandung, nampak terkaget-kaget ketika tiba-tiba didatangi mobil dan kemudian turun beberapa orang dari dalamnya, Minggu (27/9/2020).

Mereka yang turun dari mobil terdiri dari beberapa orang yang berseragam TNI dan sipil yang tanpa disangka-sangka langsung memberikan beberapa paket makanan dan sembako kepada para pemulung sesuai jumlah pemulung yang tengah beristirahat itu.

Nampak sekali raut muka para pemulung ini langsung berubah menjadi rasa haru yang mendalam.

Mereka tidak menyangka sama sekali jika di hari yang panas dan kurang berpihak kepada mereka, tiba-tiba mereka dianugerahi rezeki berupa paket sembako dan makanan siap saji dari mereka yang turun dari mobil yang kemudiana diketahui sebagai anggota tim bakti sosial (baksos) yang digelar oleh Yayasan Kebhinekaan Kesatuan Jiwa Raga Kami ( YKKJRK).

Buka Hati Saling Peduli, Ketua YKKJRK: Menerima dan Memberi adalah Mekanisme Surgawi

"Kepada Ketua YKKJRK, Pak Petrus Adamsantosa dan seluruh tim baksos, kami haturkan banyak terima kasih atas kemurahan rezeki yang kami terima hari ini berupa paket sembako dan makanan siap saji," tutur salah seorang pemulung dengan mata sayu sambil menahan tangis.

Pemandangan baksos ini menjadi gambaran rutin yang selalu terjadi di setiap YKKJRK menggelar baksos rutin setiap minggu yang dilakukan dua hari berturut-turut, Minggu dan Senin.

Sejumlah pemulung yang sedang beristirahat di pinggir jalan Kota Bandung menerima paket makanan dan sembako pada kegiatan bakti sosial rutin yang digelar YKKJRK dibantu tim dari Javaretro Suites Hotel, dan TNI dari Kodam III/Siliwangi serta Garnisun Tap II/Bandung pada Minggu dan Senin (27-28/9/2020).
Sejumlah pemulung yang sedang beristirahat di pinggir jalan Kota Bandung menerima paket makanan dan sembako pada kegiatan bakti sosial rutin yang digelar YKKJRK dibantu tim dari Javaretro Suites Hotel, dan TNI dari Kodam III/Siliwangi serta Garnisun Tap II/Bandung pada Minggu dan Senin (27-28/9/2020). (Istimewa)

YKKJRK dengan dibantu tim dari Javaretro Suites Hotel, dan TNI dari Kodam III/Siliwangi serta Garnisun Tap II/Bandung, memang selalui menggelar baksos rutin untuk meringankan beban hidup masyarakat tidak mampu seperti pemulung, anak jalanan, penyandang disabilitas dan keluarganya, hingga anak yatim piatu.

Ketua YKKJRK, Petrus Adamsantosa, menyebutkan bahwa kegiatan baksos ini sudah dilakukan rutin sejak tahun 2018.

YKKJRK Gelar Baksos Kemanusiaan Menyapa dengan Kasih

Namun kondisi saat ini lebih memprihatinkan dibanding tahun-tahun sebelumnya karena kejadiran pandemi Covid-19 telah mengakibatkan sebagian masyarakat kehilangan mata pencahariannya,

"Banyak yang bisa di lakukan, salah satunya adalah dengan sekedar membagikan hal kecil yaitu berupa makanan, sembako dan barang yang lebih bermanfaat bagi mereka yang sedang mengalami kesulitan ekonomi karena penghasilan berkurang akibat maraknya wabah Covid-19 ini," ujar Adam di sela baksos rutin, Senin (28/9/2020).

Dalam kondisi saat ini, menurut Adam, setiap orang dituntut untuk bekerjasama saling bahu-membahu dan membantu mereka yang sedang kesulitan.

Meski yang diberikan olehnya tidak seberapa, namun pemberian yang dilakukan secara tepat sasaran dan terencana setidaknya akan memberikan kebahagiaan dan kesenangan bagi mereka yang sangat membutuhkan uluran bantuan orang lain di sekitarnya.

"Dengan melihat maka kita turut merasakan, dengan merasakan maka kita mensyukuri apapun yang Tuhan berikan. Ini menjadi bekal untuk menyikapi krisis ekonomi yang melanda semua umat manusia saat ini, tentunya tidak terkecuali saya dan hotel saya," ujar Adam sambil tersenyum.

Halaman
12
Sumber: Tribun Jabar
  • Berita Populer
    Ikuti kami di
    KOMENTAR

    BERITA TERKINI

    © 2023 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
    All Right Reserved