Buka Hati Saling Peduli, Ketua YKKJRK: Menerima dan Memberi adalah Mekanisme Surgawi

Tim baksos dipimpin Ketua YKKJRK, Petrus Adamsantosa yang dibantu oleh Tim Javaretro dan Tim Garnisun Tap II/Bandung, selalu bergerak

Penulis: Kemal Setia Permana | Editor: Dedy Herdiana
Istimewa
Tim Garnisun Tap ll/Bandung dan Tim Javaretro dibantu anggota Kodam lll/Siliwangi membagikan paket sembako dan nasi boks beserta minuman dari YKKJRK kepada para pemulung, Senin (14/9/2020). 

Laporan Wartawan Tribun Jabar, Kemal Setia Permana

TRIBUNJABAR.ID, BANDUNG - Tak mengenal batas lelah lahir dan batin. Itu adalah sebuah gambaran yang mungkin cocok diberikan kepada jajaran tim bakti sosial (baksos) ini yang setiap minggu bergerak tanpa batas mencari mereka yang membutuhkan uluran tangan dan bantuan.

Tim baksos dipimpin Ketua Yayasan Kebhinekaan Kesatuan Jiwa Raga Kami ( YKKJRK), Petrus Adamsantosa yang dibantu oleh Tim Javaretro dan Tim Garnisun Tap II/Bandung, selalu bergerak ke berbagai wilayah di sekitar Bandung Raya, baik di Kota dan Kabupaten Bandung, maupun sebagian Kota Cimahi.

Kegiatan yang sudah digelar sejak 2018, dilakukan satu minggu dua kali setiap hari Minggu dan Senin.

YKKJRK Gelar Baksos Kemanusiaan Menyapa dengan Kasih

Seperti dalam baksos yang digelar Minggu dan Senin (13-14/9), YKKJRK menyediakan berbagai paket baksos mulai dari sembako hingga paket makanan siap saji yang terdiri dari nasi box lengkap dengan minuman yang dikemas dalam misting dan botol minuman plastik.

"Seperti biasa total jumlah paket baksos terdiri dari 130 paket sembako dan 130 paket nasi misting dan minuman," tutur Petrus Adamsantosa di sela baksos kemarin.

Menurut Adam paket itu dibagikan oleh tiga tim yakni Tim Javaretro di bawah koordinator Sigid, Tim Garnisun Tap II/Bandung di bawah koordinator Ngadiso, serta Tim Difabel di bawah koordinator Restu.

"Masing-masing membawa paket dalam jumlah tertentu untuk dibagikan di wilayah area yang sudah ditentukan," kata Petrus Adamsantosa.

Hari pertama, Minggu, Tim Javaretro membagikan paket sembako dan nasi box secara random di sejumlah ruas jalan Kota Bandung. Hal yang sama dilakukan oleh Tim Garnisun Tap II/Bandung.

Ketua YKKJRK : Mari Menyangkal Kepentingan Pribadi dan Lebih Baik Berbagi

Pada hari kedua, Senin, Tim Difabel asuhan Restu mulai bergerak ke area yang sudah dipilih yakni sekitar Gunug Batu Cimahi dengan target anak, orang tua, dan keluarga penyandang disabilitas.

Sementara tim Javaretro dan Garnisun Tap II/Bandung menyasar area random dengan target anak, orang tua dan keluarga pemulung.

"Baksos kedua area yang disasar Tim Javaretro dan Garnisun lebih banyak yakni meliputi Kosambi, Antapani, Sukamiskin, Ujungberung, Gedebage, Sukarno Hatta, Tegallega, Pasar Andir, Stasiun Bandung, dan sejumlah wilayah yang dilalui saat tim kembali ke titik awal distribusi," ujar Adam.

Adam menegaskan bahwa dalam kondisi yang serba sulit ini, pihaknya ingin memberikan uluran tangan kepada mereka yang tidak atau kurang mampu mengenyam kehidupan normal seperti banyak orang berkecukupan.

YKKJRK Tak Henti-henti Memberikan Uluran Tangan Kepada Masyarakat Tidak Mampu

Apa yang dilakukannya memang tidak seberapa, namun ia berharap bahwa banyak pihak turut terketuk hatinya mengulurkan tangan kepada siapapun yang membutuhkan tanpa melihat kondisi, waktu atau hanya karena berharap pujian.

"Orang-orang kecil di sekitar kita masih berkutat dengan perut, jangankan memikirkan kesehatan dan kebersihan di masa pandemi, mengurus kebutuhan perut istri dan anak di rumah saja sudah berat bagi mereka yang harus banting tulang memulung atau mengamen, khususnya bagi kaum difabel, di jalanan.

Mari kita membuka hati saling peduli dan memberi karena saya meyakini bahwa mekanisme memberi dan menerima itu adalah mekanisme surgawi," ujar Adam.

Pada kesempatan ini baksos juga dibantu oleh tim Kodam lll/Siliwangi, diwakili oleh Sersan Kepala Tony.
(*)

Sumber: Tribun Jabar
  • Berita Populer
    Ikuti kami di
    KOMENTAR

    BERITA TERKINI

    © 2023 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
    All Right Reserved