Breaking News:

Bisa Dilakukan Secara Kolektif Mulai Besok, Begini Mekanisme Penukaran Uang Pecahan Rp 75 Ribu

Penukaran uang baru bernominal Rp 75 ribu bisa dilakukan secara kolektif.

Istimewa
Uang baru pecahan Rp 75 ribu yang dicetak terbatas dan bisa didapatkan masyarakat melalui mekanisme penukaran di Bank Indonesia. 

TRIBUNJABAR.ID, JAKARTA - Penukaran uang baru bernominal Rp 75 ribu bisa dilakukan secara kolektif.

Bank Indonesia ( BI) akan membuka layanan penukaran secara kolektif itu mulai besok, Selasa (25/8/2020) pukul 07.00 WIB di aplikasi https://pintar. bi.go.id.

Kepala Departemen Pengelolaan Uang Bank Indonesia , Marlison Hakim, mengatakan, ada beberapa mekanisme yang perlu diperhatikan untuk menukarkan uang secara kolektif.

Mekanisme pertama adalah, masyarakat yang hendak menukarkan uang secara kolektif harus mengunduh formulir di website Pintar dan mengisinya.

Cantumkan semua daftar peserta kolektif minimal 17 orang beserta nomor KTP-nya.

"Setiap masyarakat menunjuk satu pihak yang akan mewakili mereka untuk menukar ke Bank Indonesia dan menerima UPK tadi secara kolektif," kata Marlison dalam konferensi video, Senin (24/8/2020).

Marlison menuturkan, pihak yang ditunjuk tadi harus menyampaikan surat permohonan yang telah diisi dan daftar pemesan secara kolektif dalam format excel. Kemudian dikirim melalui email layanan penukaran kolektif sesuai kantor BI yang dituju.

Dia bilang, informasi daftar e-mail sesuai kantor perwakilan BI yang dituju juga tersedia di aplikasi pintar esok hari.

"Kami sudah memberikan alamat email untuk permohonan kolektif ini, baik kantor pusat maupun seluruh kantor BI. Seluruh kodenya sama, UPK75. Untuk Jakarta misalnya, UPK75_JAKARTA@bi.go.id, untuk cirebon UPK75_CIREBON@bi.go.id. Tergantung daerah masing-masing," ucapnya.

Sebelum menyampaikan permohonan, pastikan NIK dan nomor KTP tiap peserta tercatat dengan benar.

Guru Honorer Juga Dapat Subsidi Gaji dari Pemerintah Rp 600 Ribu Per Bulan, Ini Kata Menkeu

Halaman
12
Editor: Giri
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved