167 Usaha Kuliner Kreatif di Ciamis Terimbas Covid-19, Lima Di Antaranya Terpaksa Tutup

Sebanyak 167 unit usaha kreatif di Ciamis terimbas pandemi Covid-19. Terbanyak dari kelompok usaha kuliner kreatif,

Tribunjabar/Hilda Rubiah /Putri Puspita
Ilustrasi kuliner 

Laporan Wartawan Tribun Jabar, Andri M Dani

TRIBUNJABAR.ID, CIAMIS – Sebanyak 167 unit usaha kreatif di Ciamis terimbas pandemi Covid-19.  Terbanyak dari kelompok usaha kuliner kreatif, mencapai 59 unit usaha.  

Ada yang mengalami penurunan omzet sampai 50% bahkan sampai 85%. Tak sedikit pula yang terpaksa tutup usaha atau hanya merumahkan sejumlah pekerja.

Ratusan unit usaha  kreatif termasuk usaha kuliner  tergabung dalam “Ciamis Culinary Club” tersebut di bawah binaan bidang ekonomi kreatif Dinas Parwisata Ciamis

“Ada sekitar 167 unit usaha ekonomi kreatif di Ciamis yang terdampak pandemic Covid-19. Terutama usaha kuliner,” ujar Sekdis Dinas Pariwisata Ciamis, Budi Kurnia kepada Tribun, Senin (27/4/2020).

Dari 14 subsektor ekonomi kreatif di Ciamis baru enam sub sektor yang sudah terdata kena dampak pandemi  Covid-19.

Di antaranya menurut Budi adalah komunitas kuliner, fotografi,music , kerajinan,  game online dan fashion. Diluar itu ada grup band dan music.

Baku Tembak di Poso, Satu Terduga Teroris Tewas, Lainnya Masih Dikejar

“Kami tengah merancang even virtual untuk 6 komunitas ekraf tersebut. Misalnya dari komunitas kuliner bagaimana mereka menyiasati kondisi yang sulit seperti sekarang ini untuk tetap bertahan. Dan bagi yang kreatif akan disediakan dana stimulant,” katanya.

Unit usaha kreatif yang sudah terdata dan terdampak pandemi Covid-19 tersebut menurut Budi diantaranya  Kelompok Kuliner (59 uni), kerajinan (28), fashion (13), studio foto (9), cindera mata (20), seni pertunjukan (21) dan band (9).

Ada tiga solusi dari dampak dari pandemic Covid-19 kata Budi, yakni menyangkut kesehatan, jaminan social dan ketahanan ekonomi.

Halaman
12
Penulis: Andri M Dani
Editor: Ichsan
Sumber: Tribun Jabar
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2020 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved