Harga Telur Ayam Ras di Ciamis Mulai Turun Cukup Signifikan

Dalam tiga hari ini harga telur ayam ras di tingkat peternak di sentra perunggasan rakyat Jabar di Ciamis turun cukup signifikan.

Harga Telur Ayam Ras di Ciamis Mulai Turun Cukup Signifikan
TRIBUN JABAR/HILMAN KAMALUDIN
Ilustrasi: Telur ayam yang dijual di Pasar Atas, Kota Cimahi, Kamis (7/12/2017). 

Laporan Wartawan Tribun Jabar, Andri M Dani

TRIBUNJABAR.ID, CIAMIS – Dalam tiga hari ini harga telur ayam ras di tingkat peternak di sentra perunggasan rakyat Jabar di Ciamis turun cukup signifikan.

Harga per kilogramnya mulai turun dari Rp 23.700/kg jadi Rp 22.800/kg.

“Dalam tiga hari ini ada penurunan harga telur ayam ras. Tiga hari lalu harga telur di tingkat peternak di Ciamis masih Rp 23.700/kg. Tapi hari ini sudah turun jadi Rp 22.800/kg. Kondisi serupa juga terjadi di Tasikmalaya,” ujar Sekjen Perkumpulan Peternak Ayam Priangan (P2AP) Ir H Kuswara Suwarman MBA kepada Tribun  Senin (16/3/2020).   

Jangan Biasakan Makan Telur Bersamaan dengan Makanan-makanan Ini, Bisa Berbahaya

Harga telur di tingkat peternak di Ciamis dan Tasikmalaya sebesar Rp 22.800/kg tersebut merupakan harga terendah di Jabar.

Harga tertinggi terjadi di Bogor, Sukabumi, Cianjur dan Bekasi masih dikisaran Rp 23.000 sampai Rp 23.200/kg di tingkat peternak.

Meski turun, harga telur ayam ras di tingkat peterna di Ciamis pada angka Rp 22.800/kg tersebut masih di atas biaya pokok produksi (BPP) yakni antara Rp 17.000 sampai Rp 18.000/kg tergantung jenis atau kualitas pakan yang digunakan.

Harga Daging dan Telur Ayam di Pasar Pagi Kota Cirebon Mulai Merangkak Naik

Penurunan harga telur ayam ras di Ciamis dan Tasikmalaya tersebut menurut Kuswara diduga akibat menurunnya permintaan dan mulai banyaknya pasokan.

Ketika harga telur mulai turun, harga ayam ras pedaging jenis BR di tingkat peternak di Ciamis belum bergeming.

Selama dua minggu terakhir masih dikisaran Rp 17.000 sampai Rp 17.500/kg masih dibawah biaya pokok produksi (BPP/BEP) yakni kisaran Rp 18.500 sampai Rp 19.000/kg. (andri m dani)

Penulis: Andri M Dani
Editor: Dedy Herdiana
Sumber: Tribun Jabar
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2020 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved