Pemkab Garut Bikin Jalan Poros Tengah, Namun Malah Diprotes Warga, Ternyata Ini Masalahnya

Jalan poros tengah jadi rencana Pemkab Garut untuk mempermudah akses menuju wilayah selatan. Namun jalan

Pemkab Garut Bikin Jalan Poros Tengah, Namun Malah Diprotes Warga, Ternyata Ini Masalahnya
Tribunjabar/Firman Wijaksana
Jalan Poros Tengah Kabupaten Garut 

Laporan Wartawan Tribun Jabar, Firman Wijaksana

TRIBUNJABAR.ID, GARUT - Jalan poros tengah jadi rencana Pemkab Garut untuk mempermudah akses menuju wilayah selatan. Namun jalan yang mulai dibangun itu, justru mendapat protes dari warga.

Ruas jalan poros tengah, akan menyambungkan Kecamatan Cilawu dengan Banjarwangi. Pembangunannya dimulai dari Desa Sukamurni Kecamatan Cilawu menuju Desa Wangunjaya di Kecamatan Banjarwangi.

Jalan itu telah direncanakan Pemkab Garut sejak 2019. Tahun ini, proyek itu mulai dilaksanakan. Warga di sekitar lokasi proyek menyebut, tak pernah mengetahui soal pembangunan jalan.

"Sudah dua minggu pekerjaannya dimulai. Ada alat berat yang membuka jalan. Tapi kami tidak menerima info lengkap soal rencana jalan baru ini," ujar Ketua Karang Taruna Desa Sukamurni, Hendri saat ditemui, Selasa (18/2/2020).

Hendri menambahkan, ada 24 warga yang tanahnya terkena proyek pembuatan jalan. Namun, tidak ada biaya pembebasan lahan kepada pemilik tanah dari pemerintah.

Rangga Sasana, Dedengkot Sunda Empire Itu Minta Penangguhan Penahanan, Begini Jawaban Polisi

"Warga sudah tidak dapat sosialisasi, yang tanahnya kena proyek juga enggak dapat ganti untung," ucapnya.

Sebagai kompensasi, pemilik tanah akan diberi pembebasan pajak selama tiga tahun. Ia menilai, hal tersebut sangat tidak sesuai.

"Sampai sekarang, kami tidak tahu pasti rencana pembangunan jalan ini. Kesannya pembangunan jalan sangat tertutup. Besaran anggaran sampai lokasi yang mau dipakai, kami tidak tahu," katanya.

Ia menyesalkan, tidak adanys transparansi yang disampaikan pemerintah. Padahal, proyek itu sudah direncanakan sejak tahun lalu.

Komplotan Pengedar Uang Palsu Diciduk Polres Cimahi, Waspada Begini Modus Kejahatannya

Halaman
12
Penulis: Firman Wijaksana
Editor: Ichsan
Sumber: Tribun Jabar
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2020 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved