Bupati KBB Pastikan Pembangunan Waterboom di Lembang Tak Bisa Dilakukan Jika Ditolak Warga

Bupati KBB memastikan pembangunan waterboom di Lembang tak bisa dilakukan jika ditolak warga.

Tribun Jabar/Hilman Kamaludin
Kawasan Gunung Batu yang akan dijadikan waterboom di Pagerwangi, Lembang. Lokasi tersebut berada di zona Sesar Lembang dan masuk KBU. 

Laporan Wartawan Tribun Jabar, Hilman Kamaludin

TRIBUNJABAR.ID, LEMBANG - Bupati Bandung Barat, Aa Umbara memastikan pembangunan waterboom di Kampung Suka Tinggal, RT 1/2, Desa Pagerwangi, Kecamatan Lembang, KBB, tidak bisa dilakukan jika tidak mendapat izin dari warga setempat.

Lahan pembangunan waterboom itu masuk pada zona Sesar Lembang dan Kawasan Bandung Utara (KBU), sehingga ditolak warga karena dikhawatirkan bisa menimbulkan bencana.

Menurut Aa Umbara, semua perizinan pembangunan itu tidak akan keluar jika tidak ada izin dari warga, karena perizinan tersebut dasarnya dari warga.

Jika warga menolak, izin pembangunan tersebut dipastikan tidak akan keluar.

"Kalau ada penolakan dari warga berati izin tidak keluar. Saya sudah instruksikan bahwa semuanya harus sudah ditertibkan," ujarnya saat ditemui di Batujajar, Selasa (18/2/2020).

Terkait di lokasi pembangunan yang saat ini sudah dipasang seng sebagai pertanda akan dimulai pengerjaan, Aa Umbara menyebutkan tidak ada masalah, asalkan memenuhi syarat dan bisa dilakukan antisipasi bencana.

"Walaupun di Sesar Lembang, tapi ada antisipasi (bencana) dengan teknis yang bisa dilakukan, itu tidak ada masalah, tapi kalau sudah ditolak warga salah satu syaratnya sudah mentok," katanya.

Aa Umbara menegaskan, untuk saat ini pihaknya tidak ingin ada lagi kegiatan pembangunan di Kawasan Bandung Utara (KBU) yang tidak berizin karena hal itu bisa merugiakan warga KBB.

"Jadi kalau misalkan sudah dibangun, urus izinnya karena tetap saja, kadang-kadang yang kena bupati juga," ujar Aa Umbara.

Diberitakan sebelumnya, Ketua RW 02 Desa Pagerwangi, Wawan, membenarkan bahwa lokasi itu akan dijadikan waterboom, tapi selama ini pihak dari pengembang maupun pemerintah belum melakukan sosialisasi terkait rencana pembangunan tersebut.

"Jadi untuk sementara dari mulai warga maupun pihak RT dan RW menolak rencana pembangunan itu," ujar Wawan saat dihubungi melalui sambungan telepon.

Ada Waterboom Dibangun di Zona Sesar Lembang, Emil Minta Kabupaten Kota Aktif Tertibkan KBU

Warga Pagerwangi Resah, Kawasan Gunung Batu Masuk Zona Sesar Lembang & KBU Akan Dijadikan Waterboom

Penulis: Hilman Kamaludin
Editor: taufik ismail
Sumber: Tribun Jabar
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2020 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved