Waspadai Virus Corona, BIJB Kertajati Pasang Thermal Scanner di Pintu Masuk Domestik

Meski virus corona itu berasal dari Wuhan, China, ucap Ibut Astono, tidak menutup kemungkinan virus terbawa dari penumpang domestik

Waspadai Virus Corona, BIJB Kertajati Pasang Thermal Scanner di Pintu Masuk Domestik
Tribun Cirebon/Eki Yulianto
Executive General Manager PT Angkasa Pura II (Persero) BIJB, Ibut Astono, di Bandara Kertajati, Senin (27/1/2019). 

Laporan Wartawan Tribuncirebon.com, Eki Yulianto

TRIBUNJABAR.ID, MAJALENGKA- Demi meningkatkan kewaspadaan virus corona, Bandara Internasional Jawa Barat (BIJB) Kertajati Majalengka akan menyiagakan alat thermal scanner di pintu masuk kedatangan penumpang domestik.

Itu disampaikan Executive General Manager PT Angkasa Pura II (Persero) BIJB, Ibut Astono kepada Tribuncirebon.com, Senin (27/1/2020).

Meski virus corona itu berasal dari Wuhan, China,  ucap Ibut Astono, tidak menutup kemungkinan virus terbawa dari penumpang domestik dari Bali maupun Batam.

Sebab, kedua kota tersebut bisa dikatakan banyak warga negara asing (WNA).

"Memang tidak ada penerbangan Internasional direct dari Bandara Kertajati selain yang umrah tapi ada potensi dari Bali dan Batam yang kami antisipasi," ujar Ibut Astono.

Ia mengatakan pihak Bandara Kertajati bekerja sama dengan Kantor Kesehatan Pelabuhan (KKP) kelas II Bandung untuk menyediakan satu ruang isolasi.

Alat thermal scanner yang tersedia di Bandara Kertajati untuk mendeteksi virus corona, Senin (27/1/2020).
Alat thermal scanner yang tersedia di Bandara Kertajati untuk mendeteksi virus corona, Senin (27/1/2020). (Tribun Jabar/Eki Yulianto)

RSCK Pastikan Baru Satu WNA China di KBB yang Diduga Suspect Virus Corona

Heboh Virus Corona, Tak Hanya TKA China, TKI dan PNS yang Kembali dari China juga Bakal Diperiksa

Selain itu, tersedia juga ruangan untuk pasien yang bukan karantina.

"Jika memang ada penumpang yang terdeteksi dengan alat itu di atas suhu normal 37,5 derajat Celcius, kami akan bawa penumpang itu ke ruang isolasi. Dibawanya penumpang bukan berarti dia terkena virus tersebut, akan kami observasi terlebih dahulu," ucapnya.

Ibut menambahkan, jika diduga terjangkit virus corona, penumpang akan dirujuk ke Rumah Sakit Umum Daerah (RSUD) Majalengka atau RS Cideres untuk menjalani pemeriksaan lebih lanjut.

Hingga saat ini belum ada penumpang pesawat yang mendarat di BIJB Kertajati Majalengka yang terjangkit virus corona.

"Hingga saat ini belum ada, baik dari kedatangan Internasional maupun domestik," kata Ibut.

Selain itu, lebih jauh Ibut menambakan, bahwa pihaknya juga telah mensosialisasikan maupun menjelaskan kepada setiap penumpang BIJB, terkait dalam penanganan virus corona.

"Kita telah sosialisasi bersama pihak KKP kepada para penumpang, soal penanganan virus corona tersebut dan kepada para karyawan serta petugas BIJB. Kami juga imbau agar selalu mengenakan masker untuk mengantisipasi penumpang yang terjangkit virus tersebut," jelasnya.

Editor: Tarsisius Sutomonaio
Sumber: Tribun Cirebon
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2020 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved