Sebanyak 32 Mahasiswa Disabilitas Netra Kembali ke Asrama Wyata Guna

Sebelumnya, para mahasiswa penerima manfaat ini merasa terusir dan menggelar aksi tidur di trotoar menggunakan tenda di Jalan Pajajaran, Kota Bandung,

Sebanyak 32 Mahasiswa Disabilitas Netra Kembali ke Asrama Wyata Guna
Tribun Jabar/Nazmi Abdurrahman
Sejumlah mahasiwa disabilitas berkumpul sebelum kembali ke Wyata Guna, di Jalan Pajajaran, Kota Bandung, Sabtu (18/1/2020). 

Laporan Wartawan Tribun Jabar, Nazmi Abdurahman.

TRIBUNJABAR.ID, BANDUNG - Sebanyak 32 mahasiwa disabilitas netra diizinkan kembali tinggal di Wyata Guna.

Sebelumnya, para mahasiswa penerima manfaat ini merasa terusir dan menggelar aksi tidur di trotoar menggunakan tenda di Jalan Pajajaran, Kota Bandung, sebagai bentuk protes.

Menurut pantauan Tribun Jabar, mahasiswa penerima manfaat dibantu oleh sejumlah relawan dari mahasiswa dan organisasi masyarakat kembali memindahkan semua barang-barangnya dari tenda ke asrama sekitar pukul 17.45 WIB.

Para mahasiswa itu sebelumnya sudah bertahan di trotoar selama empat malam lima hari.

Mediasi pun sempat dilakukan dengan Dinas Sosial Jawa Barat, Dinas Sosial Kota Bandung, Wakil Gubernur Jawa Barat, Uu Ruzhanul Ulum, dan Biro Hukum Pemprov Jabar.

Namun, dari semua mediasi tersebut tidak ada solusi yang disepakati.

Ada Hak untuk Penyandang Disabilitas Lainnya di Wyata Guna, di Balik Aksi Protes Penghuni Lama

Kesepakatan baru tercapai setelah melakukan mediasi dengan Sekretaris Dirjen Rehabilitasi Sosial Idit Supriadi, Kepala Balai Wyata Guna Sudarsono, Direktur Rehabilitasi Sosial Penyandang Disabilitas Margowiyono, dan Kepala Biro Humas Kementrian Sosial, Wiwit Widiansyah.

Mediasi dilakukan mulai pukul 23.30 WIB dan baru selesai pukul 04.50 WIB. Para mahasiswa pun menerima solusi yang diberikan Kementerian Sosial yakni mahasiswa bisa masuk ke asrama dan menerima layanan sampai lulus kuliah.

Selain itu, mereka pun dapat menempati asrama di Panti Sosial Rehabilitasi Penyandang Disabilitas Mental Sensorik Netra, Rungu, Wicara, Tubuh, milik Pemprov Jawa Barat, di Cimahi.

Halaman
123
Penulis: Nazmi Abdurrahman
Editor: Theofilus Richard
Sumber: Tribun Jabar
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2020 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved