Hendak Tahun Baruan di Pangandaran, Belasan Wisatawan Asal Jakarta Alami Keracunan

Hendak tahun baruan di Pangandaran, belasan wisatawan asal Jakarta mengalami keracunan. Sebagian korban memilih pulang.

Hendak Tahun Baruan di Pangandaran, Belasan Wisatawan Asal Jakarta Alami Keracunan
SHUTTERSTOCK
Ilustrasi keracunan makanan. 

TRIBUNJABAR.ID, PANGANDARAN - Setidaknya tujuh orang wisatawan asal Jakarta sempat dirawat di Puskesmas Pangandaran dan lima lainnya diinfus di Posko Lifeguard Pantai Barat Pangandaran karena mengalami keracunan.

Mereka mengalami mual-mual, pusing, muntah-muntah, dan buang air besar setelah sebelumnya makan nasi bungkus yang menjadi bekal mereka bawa dari rumah.

Karena kejadian tersebut, sebagian besar rombongan memilih kembali ke Jakarta dan batal berlibur melewatkan malam tahun baru di Pangandaran.

Menurut Kepala Puskesmas Pangandaran, dr Aries saat dihubungi Tribun Jabar Selasa (31/12/2019), pasien dengan gejala keracunan tersebut mulai masuk puskesmas sejak Senin (30/12/2019) malam tapi ada juga yang Selasa.

“Total sampai siang tadi ada tujuh pasien dengan gejala keracunan sempat dirawat di puskesmas (Pangandaran). Tadi yang visite-nya dr. Tiwi,” ujar dr Aries kepada Tribun.

Selain itu, kata dr Aries, ada juga lima wisatawan yang mengalami keracunan yang sempat diinfus di Posko Lifeguard Pantai Barat.

“Sementara yang di puskesmas menjelang sore tadi masih ada dua orang lagi. Lainnya sudah pulang, ada juga yang pulang paksa. Katanya mau kembali ke Jakarta,” katanya.

Kata dr Aries pihaknya masih terus mendata jumlah wisatawan yang mengalami keracunan tersebut.

“Mereka menginap di sebuah hotel. Rombongan dari Jakarta, tapi ada juga yang ber-KTP Garut. Mengalami keracunan setelah mengkonsumsi bekal yang dibawa dari rumah. Bukan menyantap makanan yang disediakan pihak hotel,”,” ujar dr Aries.

Sehari sebelum kejadian tersebut, kata dr Aries, pihak Kemenkes dan BPOM sudah melakukan pengecekan menu yang disediakan setiap hotel dan penginapan di Pangandaran.  

“Dari hari hasil pemeriksaan menu yang disediakan hotel, aman,” katanya.

Total wisatawan asal Jakarta yang mengalami keracunan usai menyantap bekal yang mereka bawa sendiri dari rumah tersebut kata dr Aries masih terus didata.

“Kami masih mengecek di tempat lainnya seperti di Polairud, tapi memang  ada  yang memilih pulang ke Jakarta,” ujar dr Aries.

Di Ciamis Malam Tahun Baru Diisi Pengajian, Zikir dan Doa Bersama

BREAKING NEWS, Polisi Tangkap Pria Garut yang Injak Kitab Suci, Ini Alasannya Injak Kitab Suci

Penulis: Andri M Dani
Editor: taufik ismail
Sumber: Tribun Jabar
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2020 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved