Bagaimana Peta Bisnis Tahun 2020? Ini Prediksi yang Dipaparkan Sharing Vision

Tahun 2019 perkembangan bisnis Tanah Air dipenuhi hadirnya ratusan startup baru serta banyaknya transformasi bisnis luring ke daring terus bergerak

Bagaimana Peta Bisnis Tahun 2020? Ini Prediksi yang Dipaparkan Sharing Vision
Istimewa
Nur Islami Javad, Chief Digital E-Commerce Fintech (DEF) Sharing Vision (Kiri) memaparkan prediksi bisnis tahun 2020 di Jalan Badak Singa, Selasa (24/12/2019) 

Laporan Wartawan Tribun Jabar, Kemal Setia Permana

TRIBUNJABAR.ID, BANDUNG - Tahun 2019 perkembangan bisnis Tanah Air dipenuhi dengan hadirnya ratusan startup baru serta banyaknya transformasi bisnis luring ke daring yang terus bergerak.

Lalu bagaimana dengan peta dan peluang bisnis tahun 2020?

Lembaga Riset Telematika Sharing Vision, Bandung memprediksi tren teknologi informasi komunikasi (TIK) 2020 di Indonesia akan mengerucut ke Internet of Things (IoT), layanan maha data/big data, dan tingkat keamanan TIK.

Untuk Akselerasi Laju Pertumbuhan Bisnis, Bank bjb Sepakati 4 Paket Kerja Sama dengan Perum Bulog

Dongkrak Bisnis UMKM dan Perorangan, Mekari Tawarkan Platform Cloud

Menurut Nur Islami Javad, Chief Digital E-Commerce Fintech (DEF) Sharing Vision, IoT akan semakin kian meluas menjadi Internet of People and Thing, atau makin banyaknya perubahan sistem dari digital menjadi phydigital/physical digital.

“Kita berdiri di tepi revolusi teknologi yang secara fundamental mengubah cara hidup, bekerja, dan bagaimana berhubungan satu sama lain. Phydigital adalah perpaduan teknologi yang mengaburkan batas antara bidang fisik, digital, dan biologis,” kata Jeff, sapaan Nur Islami Javad, di Jalan Badak singa, Selasa (24/12/2019).

Apapun yang dibutuhkan masyarakat, menurut Jeff, saat ini bisa diakses sekaligus dipenuhi secara daring dan bisa langsung diantarkan secara fisik sampai ke depan rumah.

Internet of People and Thing kian membumikan layanan internet di masyarakat Indonesia. Karenanya, kata dia, digitalisasi proses, fungsi, dan model bisnis akan makin meluas tahun depan.

Transformasi bisnis dari konsep konvensional menjadi virtual, meliputi proses transaksi dan penerapan sistem perusahaan, makin mudah ditemukan.

Menurut dia, mereka yang menjadi pemenang adalah yang bisa menggabungkan ekosistem people dan thing dalam suatu rantai nilai bermanfaat.

Halaman
123
Penulis: Kemal Setia Permana
Editor: Dedy Herdiana
Sumber: Tribun Jabar
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2020 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved