Ombudsman Periksa Kamar Setnov

Ombudsman Pertanyakan Sel Setnov, Nazarudin, dan Joko Susilo di Lapas Sukamiskin Tak Tersentuh

Tim dari Ombudsman Republik Indonesia mengunjungi Lapas Sukamiskin di Jalan AH Nasution, Kota Bandung pada Jumat (20/12/2019). Di saat bersamaan, kama

Tribun Jabar/Mega Nugraha
Adrianus Meliala, Kakanwil Kemenkumham Jabar Liberti Sitinjak, Kalapas Sukamiskin Abdul Karim dan petugas perbaikan kamar, Sabrius di kamar Setya Novanto di Lapas Sukamiskin, Jumat (20/12/2019). 

Laporan Wartawan Tribun Jabar, Mega Nugraha

TRIBUNJABAR.ID, BANDUNG - Tim dari Ombudsman Republik Indonesia mengunjungi Lapas Sukamiskin di Jalan AH Nasution, Kota Bandung pada Jumat (20/12/2019). Di saat bersamaan, kamar tahanan sedang diperbaiki.

Adrianus Meliala dari Ombudsman ditemani Kakanwil Kemenkum HAM Jabar, Liberti Sitinjak, dan Kalapas Sukamiskin, Abdul Karim. Adrianus mengatakan, kunjungannya kali ini resmi dan lewat pemberitahuan.

Tujuannya, untuk menemui beberapa warga binaan terkait kajian yang sedang digarap lembaga pemerintah yang punya wewenang pengawasan pelayanan publik itu.

"Kami melihat renovasi di setiap kamar. Sebuah langkah positif, kami mengapresiasi itu. Namun kemudian kami melihat ada hal-hal yang belum maksimal," ujar Adrianus.

Rem Tak Berfungsi Baik, Tak Ada Lampu Rem, dan Ban Gundul, 5 dari 6 Truk Ditilang Polres Cianjur

Mayoritas penghuni Lapas Sukamiskin adalah terpidana kasus korupsi.

Pada kunjungan itu, Ombudsman mendapati tiga kamar narapidana korupsi, semisal Setya Novanto, Nazarudin, dan Joko Susilo, berbeda dibanding kamar lainnya.

Jika kamar narapidana lain ukurannya rata-rata 3x4 meter, kamar ketiga narapidana itu justru lebih luas.

"Ada ruangan yang tidak terkesan standarnya mendekati kamar lain. Seperti misalnya ada kamar yang fel beltnya dibiarkan, terasnya, juga kemudian dibiarkan, seperti kitchen set-nya di dinding itu. Maka itu menjadi perhatian dari kami kenapa hal ini dibiarkan," ujarnya.

Ombudsman bahkan memasuki ketiga kamar tersebut.

Halaman
12
Penulis: Mega Nugraha
Editor: Theofilus Richard
Sumber: Tribun Jabar
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2020 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved