Korupsi Dana BPJS Kesehatan di RSUD Lembang, Dua Terdakwa Divonis 8 dan 6 Setengah Tahun Penjara

Dua terdakwa kasus penyalahgunaan klaim atau Korupsi Dana BPJS Kesehatan‎ di RSUD Lembang Bandung Barat, ‎Onni Habie dan Meta Susanti divonis bersalah

Korupsi Dana BPJS Kesehatan di RSUD Lembang, Dua Terdakwa Divonis 8 dan 6 Setengah Tahun Penjara
Tribun Jabar/Mega Nugraha
Sidang vonis kasus korupsi dana BPJS RSUD Lembang di Pengadilan Tipikor, Pengadilan Negeri Bandung, Rabu (4/12/2019). 

Laporan Wartawan Tribun Jabar, Mega Nugraha

TRIBUNJABAR.ID, BANDUNG - Dua terdakwa kasus penyalahgunaan klaim atau Korupsi Dana BPJS Kesehatan‎ di RSUD Lembang Kabupaten Bandung Barat, ‎Onni Habie dan Meta Susanti divonis bersalah melakukan tindak pidana korupsi sebagaimana diatur di Pasal 2 ayat 1 Undang-undang Pemberantasan Tipikor.

Vonis dibacakan majelis hakim di Pengadilan Tipikor pada Pengadilan Negeri Bandung, Jalan RE Martadinata, Rabu (4/12/2019) malam.

Onni merupakan Kepala RSUD Lembang dan Meta menjabat bendahara rumah sakit, ketika kasus tersebut diungkap aparat hukum, masing-masing dijatuhi hukuman penjara 6 tahun 6 bulan dan 8 tahun, serta denda dan mengganti rugi keuangan negara.

"Menjatuhkan pidana penjara pada terdakwa‎ Meta Susanti selama 8 tahun dan untuk terdakwa Onni Habie 6 tahun 6 bulan. Menjatuhkan denda masing-masing Rp 200 juta. Mengharuskan terdakwa Meta mengganti uang negara Rp 5,5 miliar dan untuk terdakwa Onni senilai Rp 2 miliar," ujar Ketua Majelis Hakim, Asep Sumirat Atmaja.

EKSKLUSIF Tribun Jabar - BPJS Nunggak, Rumah Sakit Tak Bisa Bayar Dokter, Obat Pun Terpaksa Utang

Korupsi Dana BPJS, mantan Dirut RSUD Lembang Dituntut 8 Tahun, Bendahara Dituntut 10 Tahun Penjara

Sidang tuntutan kasus korupsi dana BPJS di RSUD Lembang
Sidang tuntutan kasus korupsi dana BPJS di RSUD Lembang (Tribunjabar/Mega Nugraha)

Penggantian uang itu harus dibayarkan 1 bulan setelah vonis tersebut dijatuhkan. Jika tidak, kurungan tiga tahun untuk Meta dan kurungan dua tahun untuk Onni. Keduanya sudah mengembalikan uang pengganti namun hanya sebagian kecil.

"Dari uang Rp 5,5 miliar lebih yang digunakan Meta, sudah dikembalikan Rp 5 juta. Sedangkan dari Rp 2 miliar lebih yang digunakan Onni, baru dikembalikan Rp 100 juta," ujar hakim.

Putusan hakim lebih rendah dari tuntutan jaksa yang menuntut Meta hukuman pidana 10 tahun penjara dan Onni 8 tahun penjara.

Uang Hasil Korupsi untuk Keperluan Pribadi

Kasus ini bermula saat RSUD Lembang menerima pembayaran klaim dari BPJS Kesehatan cabang Cimahi pada 2017 dan 2018 senilai Rp 11,4 miliar. Kemudian, kedua terdakwa mencairkan dana itu.

Halaman
12
Penulis: Mega Nugraha
Editor: Dedy Herdiana
Sumber: Tribun Jabar
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved