Breaking News:

Tips untuk Bunda, Tambahkan Ikan di Menu Makanan Si Kecil, Bermanfaat Kurangi Asma dan Demam

Menambahkan ikan ke dalam menu makan anak-anak sejak dini, dapat memberikan perlindungan terhadap kondisi kesehatan tertentu.

TRIBUNJABAR.CO.ID/FASKO DEHOTMAN
Sajian menu nasi sambal mentah ikan dori tepung di The Parlor, yang menggugah selera. 

TRIBUNJABAR.ID - Menambahkan ikan ke dalam menu makan anak-anak sejak dini, dapat memberikan perlindungan terhadap kondisi kesehatan tertentu.

Sebuah studi baru menunjukkan, anak-anak harus mulai makan ikan pada usia satu tahun, setidaknya seminggu sekali untuk mendapatkan manfaat kesehatan.

Para peneliti di NTNU atau Universitas Sains dan Teknologi Norwegia menemukan, bahwa paparan ikan di awal kehidupan dapat mengurangi risiko masalah kulit eksim, mengi, dan asma pada anak-anak.

Bahkan, semua jenis ikan memberikan manfaat kesehatan yang sama.

Para peneliti menganalisis data lebih dari 4.000 keluarga yang berpartisipasi dalam survei alergi anak yang disebut Pencegahan Alergi di antara Anak-anak di Trondheim.

Studi ini meneliti konsumsi ikan ibu dan anak sejak tahun 2000.

Tim peneliti juga mengamati perkembangan eksim, asma, dan demam pada anak-anak.

“Kami membandingkan anak-anak yang makan ikan setidaknya sekali seminggu sampai mereka berusia dua tahun dengan anak-anak yang mengonsumsi ikan lebih sedikit dari itu,” kata Torbjørn Øien, penulis studi di Departemen Kesehatan dan Keperawatan NTNU.

Ikan dori crispy di Sixty Meeting Point & Cafe
Ikan dori crispy di Sixty Meeting Point & Cafe (Ida Romlah)

Temuan yang diterbitkan dalam MDPI, menunjukkan bahwa konsumsi ikan di masa kanak-kanak mengurangi terjadinya eksim, asma, dan demam sebesar 28 persen hingga 40 persen.

Menurut Melanie Rae Simpson, penulis studi senior dan rekan postdoctoral di Departemen Kesehatan dan Keperawatan Publik, mengonsumsi semua jenis ikan, termasuk ikan berlemak, berkontribusi terhadap penurunan tersebut.

Halaman
12
Editor: Fidya Alifa Puspafirdausi
Sumber: Kompas
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved