Polres Bandung Selidiki Kebakaran di Gunung Malabar, Berawal dari Arjasari Merembet ke Puncak Mega

Polres Bandung selidiki penyebab kebakaran lahan gambut di Gunung Malabar. Berawal dari Arjasari merembet ke Puncak Mega.

Polres Bandung Selidiki Kebakaran di Gunung Malabar, Berawal dari Arjasari Merembet ke Puncak Mega
Tribun Jabar
Kebakaran di Gunung Malabar Merembet ke Gunung Puntang, Pemadaman Sulit karena Posisi Api di Tebing, Kebakaran lahan gambut yang terjadi di Gunung Malabar, Kecamatan Arjasari merambat ke Gunung Puntang, Kecamatan Cimaung, Kabupaten Bandung, Minggu (6/10/219) malam. 

Laporan Wartawan Tribun Jabar, Mumu Mujahidin

TRIBUNJABAR.ID, CIMAUNG - Polres Bandung tengah menyelidiki penyebab kebakaran lahan gambut di Petak 31A Puncak Mega Malabar, Kabupaten Bandung.

Kapolres Bandung AKBP Indra Hermawan di Posko 1 Kathutla Gunung Puntang mengatakan saat ini pihaknya tengah melakukan penyelidikan di titik awal munculnya api di blok 5B Arjasari, kaki Gunung Malabar, Kecamatan Arjasari, Kabupaten Bandung.

"Kami sedang bekerja untuk penyelidikan penyebab pertama kebakaran di blok 5B Arjasari. Penyidik sedang ke sana untuk mengetahui penyebabnya apa," katanya tadi di Posko 1 Karhutla Gunung Puntang.

Sebelumnya titik api ini muncul dari Petak 5B di kaki Gunung Malabar Arjasari dengan luas lahan Perhutani yang terbakar seluas 3 hektare.

Api menjalar ke Petak 31A di Puncak Mega Malabar dan nyaris sampai di Gunung Puntang di Petak 30.

Indra menambahkan kebakaran bisa disebakan berbagai hal.

Oleh karena itu penyidik Polres Bandung saat ini tengah berada di TKP pertama munculnya titik api.

"Karena di hutan itu banyak orang lewat atau mungkin bisa dari mana saja, gesekan pohon dengan pohon juga. Penyidik saat ini sedang di TKP pertama," ujarnya.

Indra menambahkan pihaknya bersama tim gabungan pemadam kebakaran lahan di Pemkab Bandung TNI, Perhutani, Pemkab Bandung, masyarakat hutan dan juga komunitas pecinta alam sudah bahu membahu berusaha memadamkan api sejak Jumat (4/10/2019).

"Ada sekitar 200 personel, dibagi menjadi dua tim di Arjasari dan Gunung puntang. Dipadamkan secara manual dengan membuat ilaran. Besok tim akan dilengkapi dengan APAR (alat pemadam api ringan) fire block," katanya.

Bupati Bandung akan berupaya meminta bantuan kepada Badan Nasional Penanggulangan Bencana (BNPB) untuk mengirimkan helikopter agar pemadaman dapat dilakukan dengan cepat.

Dalam pemadaman ini Kapolres juga berencana menambah personel jika dibutuhkan.

"Kami akan lihat eskalasinya sekarang, kami lihat data dari Perhutani yang diupdate terus. Kalau butuh perkuatan kami akan tambah perkuatan personel di dua lokasi tersebut," ucap AKBP Indra Hermawan.

BNPB Diminta Turunkan Helikopter Untuk Pemadaman Kebakaran Hutan di Gunung Malabar dan Puntang

VIDEO Kebakaran di Gunung Malabar Merembet ke Gunung Puntang

Penulis: Mumu Mujahidin
Editor: taufik ismail
Sumber: Tribun Jabar
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved