Fasilitas Memadai, Penggantian Sendi Lutut dan Panggul Aman Bagi Orang tua

NYERI SENDI bisa dialami siapa saja. Namun ketika kerap mengalami nyeri bahkan saat sedang tidak beraktivitas, maka nyeri seperti ini harus diwaspadai

Fasilitas Memadai, Penggantian Sendi Lutut dan Panggul Aman Bagi Orang tua
Istimewa
Tindakan TKR Azeta Arif.,dr., M.Kes.,SpOT(K) 

TRIBUNJABAR.ID, NYERI SENDI bisa dialami siapa saja. Namun ketika kerap mengalami nyeri bahkan saat sedang tidak beraktivitas, maka nyeri seperti ini harus diwaspadai. Karena bisa saja Anda mengalami Osteoartritis atau penipisan tulang rawan sendi.

Untuk itu perlu diketahui juga apa itu Osteoartritis, gejala, serta cara penanganan yang tepat.
Dokter spesialis orthopaedi dan traumatologi, Konsultan Panggul dan Lutut (Adult Reconstruction, Trauma and Sport) Santosa Hospital Bandung Central, Azeta Arif.,dr., M.Kes.,SpOT(K) mengatakan, Osteoartritis adalah sesuatu keadaan dimana tulang rawan sendi mengalami kerusakan, penipisan dan akhirnya hilang sama sekali.

Azeta Arif.,dr., M.Kes.,SpOT(K)
Dokter Spesialis Orthopaedi dan Traumatologi Konsultan Panggul dan Lutut (Adult Reconstruction, Trauma and Sport)
Azeta Arif.,dr., M.Kes.,SpOT(K) Dokter Spesialis Orthopaedi dan Traumatologi Konsultan Panggul dan Lutut (Adult Reconstruction, Trauma and Sport) (Istimewa)

Tulang rawan berfungsi melapisi ujung tulang pembentuk sendi agar tulang tidak saling bergesekan secara langsung, sehingga sendiri dapat bergerak tanpa hambatan dan rasa sakit. "Osteoartritis adalah penyebab utama nyeri sendi, khususnya lutut dan panggul., pada orang berusia diatas 45 tahun. Osteoartritis sama sekali berbeda dengan osteoporosis (keropos tulang). Istilah yang lebih populer (meskipun salah kaprah) untuk penyakit osteoartritis adalah pengapuran sendi," katanya.

Kenyataannya pada osteoartritis sama sekali tidak terbentuk kapur didalam sendi, tetapi terjadi proses penipisan (aus) tulang rawan.

Oleh karena itu, nama yang benar adalah penipisan tulang rawan sendi, bukan pengapuran sendi. Bila lapisan tulang rawan sendi normal, saat sendi digerakkan, yang saling bergesekkan adalah tulang rawan, sedangkan tulang tidak bergesekkan secara lansung.

Jika sendi telah mengalami osteoartritis, tulang rawan mengalami kerusakan dan aus sehingga menjadi lebih tipis dengan permukaan yang tidak halus-rata lagi. Saat sendi bergerak, ujung kedua tulang pembentuk sendi akan bergesekan secara langsung karena tulang rawan yang melapisi ujung tulang telah menipis.

Alamat dan Informasi Santosa Hospital Bandung
Alamat dan Informasi Santosa Hospital Bandung (Istimewa)

Kerusakan dan penipisan tulang rawan memicu terjadinya proses peradangan sendi (melalui terbentuknya beberapa zat kimia tertentu didalam sendi), sehingga sendi terasa nyeri dan kadang kadang membengkak. Jika penipisan semakin berat sehingga tulang rawan hilang sama sekali, maka ujung tulang pembentuk sendi saling bergesekan secara langsung sehingga menimbulkan rasa nyeri yang berat dan gangguan mekanis berupa bunyi “krek-krek” dan sendi menjadi kaku.

Masyarakat dan beberapa dokter bahkan salah beranggapan bahwa penyakit osteoartritis disebabkan oleh berkurang atau keringnya cairan sendi (istilah awam “pelumas” atau “oli”). Pada osteoartritis memang terjadi penurunan mutu cairan sendi, tetapi jumlahnya tidak berkurang atau habis, sehingga istilah “pelumas kering” atau “oli sendi kering” adalah pengertian yang keliru karena penyebab osteoartritis adalah penipisan tulang rawan, bukan penurunan volume cairan sendi.

Pada beberapa pasien volume cairan sendi justru bertambah banyak (bukan berkurang), sehingga sendi membengkak.

Cairan sendi mengundang banyak asam hyaluronat yang berfungsi sebagai nutrisi sel-sel tulang rawan. Pada osteoartritis terjadi penurunan kadar asam hyaluronat, bukan penurunan volume cairan sendi. Menjadi jelas juga bahwa pada osteoartritis sama sekali tidak terjadi proses pembentukan kapur (pengapuran), sehingga istilah “pengapuran sendi” yang selama ini dipakai oleh masyarakat awam dan para dokter merupakan istilah yang keliru. Istilah “pelumas/oli” mengering juga salah.
Padanan bahasa indonesia yang lebih tepat untuk osteoartritis adalah “Penipisan tulang rawan sendi”, bukan “pengapuran sendi”.

Halaman
1234
Penulis: Siti Fatimah
Editor: bisnistribunjabar
Sumber: Tribun Jabar
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved