Banyak Buruh di Rancaekek Pakai Sepeda ke Pabrik, Selain Hemat Uang juga Bisa Lawan Arus

Sejumlah buruh pabrik tekstil ternama di Kecamatan Rancaekek setiap hari masih setia menggunakan sepeda

Banyak Buruh di Rancaekek Pakai Sepeda ke Pabrik, Selain Hemat Uang juga Bisa Lawan Arus
Tribunjabar/Mega Nugraha
Sejumlah buruh naik sepeda ke pabrik di Rancaekek, Jumat (30/8/2019). 

Laporan Wartawan Tribun Jabar, Mega Nugraha Sukarna

TRIBUNJABAR.ID, BANDUNG - Sejumlah buruh pabrik tekstil ternama di Kecamatan Rancaekek setiap hari masih setia menggunakan sepeda untuk berangkat kerja atau pulang ke rumahnya.

Pantauan Tribun, Jumat (30/8/2019), para buruh yang memakai sepeda ini terlihat setiap jam-jam tertentu. Misalnya, pagi, jelang sore dan jelang tengah malam.

Umumnya, di waktu-waktu jam masuk kerja itu, mereka berkelompok. ‎Menggowes menyusuri Jalan Raya Rancaekek Bandung dan masuk ke pabrik.

Sepeda yang digunakan pun beragam. Dari sepeda MTB yang memiliki putaran gir yang bisa diatur hingga sepeda biasa. Penggunanya tidak hanya laki-laki, namun juga buruh perempuan.

Aktivitas buruh masih menggunakan sepeda ini jadi menarik karena di tempat lain, ‎para buruh ini justru meninggalkan sepeda gowes dan beralih menggunakan sepeda motor. Rupanya, aktivitas itu bukan pemandangan baru.

Apakah Warga Walini Setuju Ibu Kota Jabar Pindah ke Kampung Halamannya? Begini Jawaban Warga

"Kalau di sini mah sudah sejak lama buruh pabrik‎ pakai sepeda kalau berangkat dan pulang kerja," ujar Endar (45), buruh pabrik tesktil saat ditemui di Jalan Raya Rancaekek-Bandung, Jumat (30/8).

Ia tinggal di Desa Jelegong Kecamatan Rancaekek. Sudah bekerja di pabrik itu sejak 10 tahun lalu. Selama itu pula, ia masih menggunakan sepeda tanpa pengatur gir untuk berangkat dan pulang kerja.

"Awalnya pakai motor, tapi banyak teman-teman yang pakai sepeda. Jadi mengikuti saja sampai sekarang," ujarnya.

Hal senada dikatakan Erni Fitrianti (35). Sepedanya tanpa pengatur gir. Di bagian depannya terdapat keranjang. Setiap hari sejak lima tahun lalu ia bekerja, ia sudah berganti dua sepeda.

50 Anggota DPRD Indramayu Akhirnya Dilantik, Golkar Kuasai 22 Kursi, Berikut Nama-namanya Lengkap

Halaman
12
Penulis: Mega Nugraha
Editor: Ichsan
Sumber: Tribun Jabar
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved