Polisi Cianjur Terbakar

Meski Ngeri, Ridwan Paksakan Tolong Polisi yang Terbakar di Cianjur, Sosok Gus Dur Jadi Inspirasi

"Ada kata dari beliau yang selalu terngiang di telinga saya yaitu kata-kata 'Ada yang lebih penting dari politik, hal itu adalah kemanusiaan'," kata R

Meski Ngeri, Ridwan Paksakan Tolong Polisi yang Terbakar di Cianjur, Sosok Gus Dur Jadi Inspirasi
Istimewa.
Pelajar bernama Muhamad Ridwan Suryana (18), pelajar SMK Pasundan I Cianjur, tak menyangka foto aksinya akan viral saat menolong Aiptu Erwin terbakar dan tergeletak di trotoar dan menjadi satu korban dari aksi unjuk rasa. 

Laporan Wartawan Tribun Jabar, Ferri Amiril

TRIBUNJABAR.ID, CIANJUR - Ternyata Presiden ke-4 Republik Indonesia, Abdurrahman Wahid atau yang akrab disapa Gus Dur, menjadi inspirasi bagi Mochamad Ridwan Suryana (18), pelajar SMK Pasundan I Cianjur yang menolong Ipda Erwin Yuda, polisi Cianjur yang terbakar saat aksi unjukrasa di Cianjur.

Sejak duduk di bangku sekolah dasar, Ridwan sangat senang membaca sejarah kepresidenan Indonesia.

Dari sederet Presiden Republik Indonesia, nama Gus Dur menjadi perhatian khusus bagi Ridwan.

"Sebelum zaman android, saya suka membaca buku-buku di perpustakaan sekolah, buku sejarah presiden paling menarik, nama Gus Dur yang sering menyita perhatian saya untuk menyelesaikan membaca," kata Ridwan ditemui selesai melaksanakan upacara di lapang Prawatasari, Joglo, Cianjur, Sabtu (17/8/2019).

Ridwan, Pelajar yang Beri Minum ke Aiptu Erwin, Kasihan Lihat Polisi Terbakar hingga Bantu Evakuasi

Saat ditanya apa yang menarik dari Gus Dur, Ridwan menjawab, sisi kemanusiaan dari presiden keempat itu yang cukup menyita perhatian baginya.

"Ada kata dari beliau yang selalu terngiang di telinga saya yaitu kata-kata 'Ada yang lebih penting dari politik, hal itu adalah kemanusiaan'," kata Ridwan.

Abdurrahman Wahid alias Gus Dur
Abdurrahman Wahid alias Gus Dur (kontan)

Menurutnya banyak tulisan lainnya dari buku Gus Dur yang menginspirasi baginya. Pesan kemanusiaan, kata Ridwan, sangat menarik baginya untuk dibaca dan dipraktikan dalam kehidupan sehari-harinya.

Atas aksinya tersebut, Ridwan akan diberi penghargaan oleh Kapolres Cianjur. Tak hanya sampai disitu, Ridwan juga diundang Polda Jabar hari Senin untuk hadir di Bandung.

"Tadi ada dari Polres, saya disuruh ke Polda, katanya berangkat Minggu sore, menginap dulu di hotel," kata Ridwan.

Halaman
1234
Penulis: Ferri Amiril Mukminin
Editor: Theofilus Richard
Sumber: Tribun Jabar
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved