Daftar 10 Perguruan Tinggi Negeri Terbaik versi Menristekdikti, Apakah Kampusmu Termasuk?

Bertepatan dengan HUT RI ke-74 Kemerdekaan RI, Menristekdikti memberikan gelar kehormatan bagi beberapa Perguruan Tinggi Negeri di Indonesia.

Daftar 10 Perguruan Tinggi Negeri Terbaik versi Menristekdikti, Apakah Kampusmu Termasuk?
DOK. KEMENRISTEKDIKT
Kemenristekdikti kembali mengumumkan klasterisasi dan pemeringkatan perguruan tinggi Indonesia tahun 2019 pada Jumat (16/8/2019) Gedung D Kemenristekdikti, Senayan, Jakarta. 

TRIBUNJABAR.ID – Bertepatan dengan HUT RI ke-74 Menristekdikti memberikan gelar kehormatan bagi beberapa Perguruan Tinggi Negeri di Indonesia.

Kementerian Riset, Teknologi dan Perguruan Tinggi (Kemenristekdikti) Republik Indonesia mengumumkan klasterisasi perguruan tinggi Indonesia tahun 2019 pada Jumat (16/8/2019) di Gedung D, Kemenristekdikti, Senayan, Jakarta.

Dikutip dari ristekdikti.go.id, klasterisasi ini dilakukan untuk memetakan perguruan tinggi Indonesia yang berada di bawah naungan Kemenristekdikti.

Selain itu klasterisasi ini guna meningkatkan kualitas serta menjadi dasar bagi Kemenristekdikti untuk memberikan kebijakan sesuai kapasitas setiap klaster perguruan tinggi tersebut.

HUT ke-74 RI, Warga Gending Sumedang Laksanakan Upacara Kemerdekaan di Tengah Jalan

“Tujuan kami ingin mendorong perguruan tinggi Indonesia semakin maju dan masuk ke kelas dunia. Dorongan ini menjadi sangat penting. Kalau kita sudah sampaikan ini, kita bisa lakukan pemetaan,” kata Menteri Menteri Riset, Teknologi, dan Perguruan Tinggi (Menristekdikti) Mohamad Nasir.

Mohamad Nasir mengungkapkan hal ini merupakan salah satu upaya mewujudkan perguruan tinggi yang berkualitas.

“Tujuannya pemetaan perguruan tinggi Kemenristekdikti bagaimana membuat kebijakan masing-masing yang ada di perguruan tinggi nanti, supaya nanti ke depan kita bisa mewujudkan perguruan tinggi berkualitas,” lanjut Mohamad Nasir yang mengumumkan Klasterisasi Perguruan Tinggi Indonesia 2019 sekaligus meluncurkan Buku Perguruan Tinggi Negeri Badan Hukum (PTNBH) di pada Jumat (16/8).

HUT ke-74 RI, Ini Satu-satunya Perempuan yang Kibarkan Bendera Merah Putih di Tebing Citatah 48

Kemenritekdikri mengusulkan kepada Presiden Joko Widodo dan Kementerian Keuangan untuk memberikan ‘endwment fund’ atau dana abadi untuk dialokasikan bagi riset di perguruan tinggi terbaik di Indonesia.

“Kami ingin ajukan skema, siapa yang bisa masuk itu akan ada ‘endowment fund’ yang kami bangun, kami ajukan ke Presiden,” kata Menristekdikti.

Menristekdikti mengajukan permohonan dana sebesar Rp 10 triliun untuk mengembangkan riset di perguruan tinggi tersebut.

Halaman
1234
Editor: Hilda Rubiah
Sumber: TribunnewsWiki
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved