Putus Kontak 31 Tahun, TKW Asal Cirebon Carmi Disebut Sudah Menikah dan Punya Tiga Anak

Seorang mantan TKW pernah mendengar kabar tentang Carmi, TKW yang putus kontak 31 tahun dengan keluarganya. Sudah menikah punya 3 anak.

Putus Kontak 31 Tahun, TKW Asal Cirebon Carmi Disebut Sudah Menikah dan Punya Tiga Anak
Tribun Jabar/Hakim Baihaqi
Ilyas (85), ayah kandung Carmi (kanan) saat ditemui di rumahnya, di Kabupaten Cirebon, Minggu siang (28/7/2019). 

Laporan wartawan Tribun Jabar, Hakim Baihaqi

TRIBUNJABAR.ID, CIREBON - Rukayah (46), mantan tenaga kerja wanita (TKW) asal Blok Kalibangka, Desa Rawaurip, Kecamatan Pangenan, Kabupaten Cirebon, menceritakan keberadaan Carmi (48), TKW yang hilang kontak selama 31 tahun.

Rukayah mengatakan, ia tahu Carmi bekerja sebagai asisten rumah tangga (ART) di salah satu rumah di Riyadh, Arab Saudi.

Rukayah menambahkan, pada tahun 2011 saat berada di penampungan TKW di Jakarta, ia berbincang dengan salah seorang TKW dari Kecamatan Mundu, Kabupaten Cirebon. Namun ia lupa menanyakan nama TKW tersebut.

Dalam perbincangan tersebut, TKW asal Kecamatan Mundu itu pernah bertemu dengan Carmi pada 2009 di salah satu pusat perbelanjaan di Arab Saudi. Carmi sempat berbicara kalau ia berasal dari Kecamatan Pangenan.

"Waktu itu Carmi mengenalkan tiga anaknya dan suaminya yang katanya dari negara lain," kata Rukayah di Desa Rawaurip, Kecamatan Pangenan, Kabupaten Cirebon, Jumat (2/8/2019).

Saat tengah asyik berbincang, TKW tersebut tidak sempat menanyakan nomor telepon yang dapat dihubungi, karena diminta oleh majikannya untuk segera meninggalkan lokasi pusat perbelanjaan.

"Carmi kelihatan buru-buru, gara-gara dipanggil majikannya," katanya.

Rukayah, TKW asal Cirebon yang sempat mengetahui kabar tentang Carmi.
Rukayah, TKW asal Cirebon yang sempat mengetahui kabar tentang Carmi. (Tribun Jabar/Hakim Baihaqi)

Rukayah merupakan mantan TKW yang pernah bekerja di tiga tempat di Arab Saudi sebagai ART. Ia bekerja mulai dari 2001 hingga 2017 dan pulang ke Indonesia dalam kondisi selamat.

Carmi berangkat ke Arab Saudi dibantu oleh salah satu orang di Desa Rawaurip, juga melalui jasa pemberangkatan tenaga kerja untuk keluar negeri, yakni PT Umah Sejati Alwidah Jaya Sentosa, tapi sayangnya perusahaan tersebut sudah sejak lama tutup.

Halaman
12
Penulis: Hakim Baihaqi
Editor: taufik ismail
Sumber: Tribun Jabar
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved