Kenaikan Harga Cabai Picu Inflasi di Jabar, Berikut Komoditas Lainnya yang Jadi Pemicu

Badan Pusat Statistik (BPS) Jawa Barat mencatat pada Juli 2019 IHK Gabungan Jawa Barat yang meliputi tujuh kota mengalami kenaikan indeks.

Kenaikan Harga Cabai Picu Inflasi di Jabar, Berikut Komoditas Lainnya yang Jadi Pemicu
Tribun Jabar/Siti Masithoh
Ilustrasi: Cabai merah di Pasar Pasalaran, Kamis (9/5/2019). 

Laporan Wartawan Tribun Jabar, Siti Fatimah

TRIBUNJABAR.ID, BANDUNG - Badan Pusat Statistik (BPS) Jawa Barat mencatat pada Juli 2019 IHK Gabungan Jawa Barat yang meliputi tujuh kota yakniKota Bogor, Kota Sukabumi, Kota Bandung, Kota Cirebon, Kota Bekasi, Kota Depok dan Kota Tasikmalaya mengalami kenaikan indeks.

IHK dari 136,30 di Juni 2019 menjadi 136,33 di Juli 2019. Dari data tersebut di Jawa Barat terjadi inflasi sebesar 0,39 persen.

Kepala BPS Jawa Barat, Dody Herlando mengatakan, dari tujuh kota pantauan IHK di Jawa Barat pada Juli 2019 seluruhnya mengalami inflasi yakni Kota Bogor 0,14 persen, Kota Sukabumi 0,28 persen, Kota Bandung 0,55 persen, Kota Cirebon 0,24 persen, Kota Bekasi 0,63 persen, Kota Depok 0, 05 persen, dan Kota Tasikmalaya sebesar 0,19 persen.

Harga Cabai di Cianjur Pedes Banget, Ada yang Sudah Mencapai Rp 120 Ribu Per Kilogram

"Kenaikan harga sejumlah komoditas seperti cabe memicu inflasi di Jawa Barat," katanya pada pemaparan bulanan indeks harga konsumen Jawa Barat di Kantor BPS Jabar, Kamis (1/8/2019).

Dari hasil pemantauan harga barang dan jasa selama Juli 2019 tercatat beberapa komoditas mengalami kenaikan dan penurunan harga yang memberikan andil inflasi serta deflasi cukup siginifikan. Komoditas yang mengalami kenaikan harga dan memberikan andil inflasi antara lain cabe merah, cabe rawit, bimbingan belajar, emas, dan perhiasan.

Sementara komoditas yang mengalami penurunan dan memberikan andil deflasi signifikan antara lain bawang merah, bawang putih, daging ayam ras, daging sapi, dan jengkol. (siti fatimah)

Harga Cabai Naik? Tanam Saja, Ini Cara Menanam Cabe Sederhana di Rumah

Harga Cabai dan Sayuran Naik Drastis di Pasar Sederhana Bandung, Pedagang Malah Nombok

Penulis: Siti Fatimah
Editor: Dedy Herdiana
Sumber: Tribun Jabar
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved