Komnas Perlindungan Anak Minta Jokowi Jelaskan Soal Grasi Guru JIS yang Cabuli Murid

Terpidana pelaku pencabulan anak di TK Jakarta International School ( JIS), Neil Bantleman, bebas pada 21 Juni 2019, karena diberikan grasi oleh Presi

Komnas Perlindungan Anak Minta Jokowi Jelaskan Soal Grasi Guru JIS yang Cabuli Murid
Kompas.com/Robertus Belarminus
Guru Jakarta International School (JIS) Neil Bantleman usai dibebaskan dari Rutan Cipinang, Jakarta Timur, Jumat (14/8/2015). 

TRIBUNJABAR.ID, JAKARTA - Terpidana pelaku pencabulan anak di TK Jakarta International School (  JIS), Neil Bantleman, bebas pada 21 Juni 2019, karena diberikan grasi oleh Presiden Joko Widodo ( Jokowi).

Komisi Nasional Perlindungan Anak (Komnas PA) mempertanyakan alasan Presiden Jokowi memberikan grasi untuk Neil Bantleman.

Ketua Komnas PA Arist Merdeka Sirait meminta Jokowi mengumumkan alasan itu kepada publik.

"Kami minta Presiden untuk mengumumkan kepada publik apa alasan pemberian grasi itu," ujar Arist dilansir dari Kompas.com, Minggu (14/7/2019).

Sebelum Cabuli Muridnya, Guru JIS Berikan Obat

Komnas PA, kata Arist, juga berencana mengirim surat kepada Jokowi untuk mempertanyakan alasan pemberian grasi terhadap eks guru Jakarta Internasional School (JIS) itu.

Arist menyebut bahwa Komnas PA kecewa dengan langkah yang diambil Jokowi.

"Kami akan bertulis surat. Kami akan minta penjelasan apa sebenarnya yang menjadi pertimbangan Presiden mengeluarkan grasi itu. Hari Senin kami paling lambat bertulis surat kepada Presiden," kata Arist.

Neil Bantleman bebas dari Lapas kelas 1 Cipinang, Jakarta Timur, pada 21 Juni 2019.

Dia dibebaskan setelah mendapat grasi dari Presiden Jokowi berdasarkan Keputusan Presiden Nomor 13/G tahun 2019 tanggal 19 juni 2019.

Keppres tersebut memutuskan berupa pengurangan pidana dari 11 tahun menjadi 5 tahun 1 bulan dan denda pidana senilai Rp 100 juta.

Halaman
12
Editor: Theofilus Richard
Sumber: Kompas
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved