THR Idulfitri untuk ASN Cair Bulan Mei 2019, Sudah Dipersiapkan Sejak April

Kabar gembira untuk aparatur sipil negara (ASN) dan pensiunan akan mendapat tunjangan hari raya (THR) sebelum Idulfitri, tepatnya pada Mei 2019.

net
Ilustrasi ASN 

TRIBUNJABAR.ID, JAKARTA – Kabar gembira untuk aparatur sipil negara (ASN) dan pensiunan akan mendapat tunjangan hari raya (THR) sebelum Idulfitri, tepatnya pada Mei 2019.

Jadwal pembayaran THR tersebut mengingat libur hari raya Idulfitri dimulai pada 1-7 Juni 2019.

Hal itu merujuk pada surat Dirjen Perbendaharaan Kementerian Keuangan Nomor: S-78/PB/2019 tanggal 27 Januari 2019.

Berdasarkan rilis yang diterima Tribun Jabar dari Kementerian Keuangan RI, Rabu (8/5/2019), Kementerian Keuangan menjelaskan bahwa THR bagi ASN adalah salah satu kebijakan dalam Anggaran Penerimaan dan Belanja Negara (APBN) tahun anggaran (TA) 2019 yang tertuang pada Nota Keuangan dan Undang-Undang APBN TA 2019.

Proses penyusunan dasar pembayaran yang dimulai dari penetapan Peraturan Pemerintah (PP) dan peraturan pelaksanaannya dalam bentuk Peraturan Menteri Keuangan (PMK).

Terima Uang Suap Meikarta, ANS Pemkab Bekasi: Saya Kira Uang THR

Oleh karena itu, penetapan aturan berupa PP dan PMK idealnya paling lambat dilakukan bulan April tahun 2019 agar proses pembayaran THR tahun 2019 dapat dilaksanakan sebelum hari raya Idulfitri.

Penyusunan PP mengenai pemberian THR diinisiasi oleh Kementerian Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi (PAN RB).

Proses penyusunan PP tersebut harus dipercepat agar dapat ditetapkan April tahun 2019.

Dengan demikian, pembayaran THR tahun 2019 diharapkan dapat dilaksanakan tepat waktu yaitu pada bulan Mei tahun 2019 sebelum Hari Raya Idul Fitri.

Sedangkan Surat Dirjen Perbendaharaan Nomor: S-78/PB/2019 dimaksudkan sebagai bentuk koordinasi dengan Kementerian PAN-RB selaku inisiator penyusunan PP.

Penetapa PP sebelum Pilpres 2019 ditujukan agar ada waktu cukup untuk proses administrasi selanjutnya hingga pembayaran THR.

4 Fakta dan Alasan THR 2019 untuk ASN dan Pensiunan PNS Cair Lebih Cepat, PP Ditetapkan April

Legenda Manchester United Puji Kehebatan Liverpool Gulung Barcelona, Sempat Rayakan Gol Lionel Messi

Editor: Theofilus Richard
Sumber: Tribun Jabar
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2020 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved