Stamina Saksi Harus Kuat

Penghitungan Suara Pileg Bakal Selesai Dini Hari

Penghitungan suara untuk DPRD kabupaten dilakukan paling akhir dan diperkirakan dilakukan selepas magrib

Penghitungan Suara Pileg Bakal Selesai Dini Hari
tribunjabar/haryanto
Sejumlah pemilih di TPS 13 Desa Tanjung Sari, Pondok Salam, Purwakarta melakukan simulasi pengamanan suara pemilu serentak 2019 pada Sabtu (23/3/2019). 

SUMEDANG, TRIBUN -Partai politik (Parpol) harus menyiapkan para saksi untuk pemilihan legislatif 17 April yang usianya muda dan punya stamina prima. Pasalnya saksi pemilu ini harus kuat bertahan dari pagi sampai dini hari. Pasalnya penghitungan suara untuk pemilu legislatif, DPRD Kabupaten dilakukan paling terakhir.

"Syarat menjadi saksi untuk pemilu sekarang harus yang muda dan kuat bekerja sampai dini hari berada di TPS," kata Dadang Romansah, anggota DPRD yang juga caleg dari PDI Perjuangan di ruang komisi B DPRD, Senin (1/4).

Di ruang komisi B DPRD ini banyak anggota DPRD yang juga caleg dari berbagai parpol sedang berdiskusi soal hari pencoblosan dan penghitungan suara. Mereka membahas cara penghitungan suara sampai membutuhkan waktu berapa lama proses penghitungannya.

"Jumlah TPS di Sumedang sebanyak 2.631 buah dan sebanyak itu juga saksi harus disiapkan," kata Dadang yang juga Wakil Ketua DPC PDI Perjuangan Sumedang ini.

Ia mengatakan saksi untuk pilpres bisa pulang sore hari karena penghitung suaara untuk pilpres dilakukan paling awal. "Untuk menghitung suara sampai dilakukan pembuatan berita acara itu rata-rata membutuhkan waktu dua jam. Artinya kalau pukul 14.00 dimulai penghitungan suara maka pada pukul 16.00, suara pilpres sudah diketahui," katanya.

Namun tidak demikian untuk saksi pemilu legislatif. "Penghitungan suara untuk DPRD kabupaten dilakukan paling akhir dan diperkirakan penghitungan suara untuk DPR RI, DPRD provinsi, dan kabupaten dilakukan selepas magrib," katanya.

Diperkirakan, penghitungan suara untk DPRD kabupaten itu bisa tuntas setelah pukul 24.00 atau sampai dinihari. Satu TPS itu maksimal 300 pemilih dan ada lima surat suara sehingga ada perlakukan 1.500 surat suara. (deddi rustandi)

Penulis: Deddi Rustandi
Editor: Adityas Annas Azhari
Sumber: Tribun Jabar
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2020 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved