Tribun Wiki

Melihat Pemakaman Sirnaraga Kota Bandung, Sudah Ada Sejak 1602, 2 Tokoh Makamnya Paling Luas

Tempat Pemakaman Umum (TPU) Sirnaraga yang letaknya tak jauh di Bandahara Husein Sastranegara Bandung

Melihat Pemakaman Sirnaraga Kota Bandung, Sudah Ada Sejak 1602, 2 Tokoh Makamnya Paling Luas
Tribunjabar.id/Syarif Pulloh Anwari
Alan (52) petugas pemakaman Sinaraga, Kota Bandung, menunjukkan makam tokoh pergerakan nasional yaitu Gatot Mangkoepradja, Jumat (22/2/2019). 

Laporan Wartawan Tribun Jabar, Syarif Pulloh Anwari

TRIBUNJABAR.ID, BANDUNG - Tempat Pemakaman Umum (TPU) Sirnaraga yang letaknya tak jauh di Bandahara Husein Sastranegara Bandung, ternyata sudah ada sebelum Indonesia merdeka.

Makam yang berlokasi di Jalan Pajajaran, Kelurahan Pajajaran, Kecamatan Cicendo, Kota Bandung, menurut penjaga dan petugas TPU Sirnaraga, Alan (52), Sirnaraga merupakan TPU Muslim di Bandung yang sudah ada sejak sebelum kemerdekaan Indonesia, tahun 1920.

"Sirnaraga berdiri sekitar tahun 1920 sebelum kemerdekaan, tapi makam pasutri Ki Ageng Stio Penditoratu dan Putri Dewi Lintang Trengganu sudah ada sejak tahun 1602, berarti dugaan makam Sirnaraga ini sudah lama," ujar Alan sambil menunjuk nisan makam tersebut kepada Tribun Jabar dilokasi, Jumat (22/2/2019).

HORMATI INOVATOR - Anggota Kelompok Anak Rakyat menari di makam tokoh inovator tari Sunda R Tjetje Soemantri, di Komplek Pemakaman Sirnaraga, Jalan Pajajaran, Kota Bandung, Sabtu (30/4/2016). Kegiatan yang merupakan rangkaian dari peringatan Hari Tari Dunia ini digelar sebagai bentuk penghormatan kepada inovator tari Sunda tersebut.
HORMATI INOVATOR - Anggota Kelompok Anak Rakyat menari di makam tokoh inovator tari Sunda R Tjetje Soemantri, di Komplek Pemakaman Sirnaraga, Jalan Pajajaran, Kota Bandung, Sabtu (30/4/2016). Kegiatan yang merupakan rangkaian dari peringatan Hari Tari Dunia ini digelar sebagai bentuk penghormatan kepada inovator tari Sunda tersebut. (TRIBUN JABAR/BUKBIS CANDRA ISMET BEY)

Alan mengatakan makam kedua pasutri tergolong tua, yang artinya sudah ada sejak zaman Hindia Belanda, jauh sebelum TPU Sirnaraga didirikan serta makamnya juga terlihat lebih luas dibanding yang lain,

"Ya makam ini paling besar sekitar dua meter," ujarnya.

Alan mengabdikan hidupnya menjadi petugas TPU Sirnaraga sudah hampir 25 tahun ini, ia pun mengetahui makam makam disetiap sudutnya dari tokoh pergerakan Indonesia sampai penyanyi pop eta 90an dimakamkan di TPU sirnaraga.

Doa Neno Warisman yang Mengancam Allah, Pernah Dilakukan Rasulullah, Tapi Konteksnya Berbeda

"Di sini ada tokoh pergerakan nasional yaitu Gatot Mangkoepradja yang wafat tahun 1898 dan ada artis penyanyi pop 90an yaitu Poppy Mercury," ujar Alan sambil memperlihatkan makam tokoh pergerakan Nasional Gatot Mangkoepradja.

Dari pantauan Tribun Jabar di lokasi, nampak makam tokoh pergerakan nasional Gatot Mangkoepradja dihiasi dengan keramik warna hitam dan terdapat tulisan " PETA.

Perintis Kemerdekaan RI. Bapak Pendiri Tentara Sukarela Pembela Tanah Air. Rd Gatot Mangkoepradja. Lahir 1901 wafat 4 Oktober 1968.

KPAID Akan Bantu Mencari Keberadaan Hilda Fauziah, Gadis yang Diduga Kabur Akibat Menolak Dijodohkan

Penulis: Syarif Pulloh Anwari
Editor: Kisdiantoro
Sumber: Tribun Jabar
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved