Doa Neno Warisman yang 'Mengancam Allah', Pernah Dilakukan Rasulullah, Tapi Konteksnya Berbeda

Neno Warisman dalam acara malam Munajat 212, Kamis lalu, membacakan puisi yang sebagian isinya meminta kemenangan dalam Pilpres 2019.

Doa Neno Warisman yang 'Mengancam Allah', Pernah Dilakukan Rasulullah, Tapi Konteksnya Berbeda
SpiritualRay
ILUSTRASI 

TRIBUNJABAR.ID - Belakangan viral doa yang mengancam Allah gara-gara Pilpres 2019.

Neno Warisman dalam acara malam Munajat 212, Kamis lalu, membacakan puisi yang sebagian isinya meminta kemenangan dalam Pilpres 2019.

Penggalan doa dalam puisi itu;

"...Jangan, jangan Engkau tinggalkan kami dan menangkan kami. Karena jika Engkau tidak menangkan. Kami khawatir ya Allah. Kami khawatir ya Allah tak ada lagi yang menyembah-Mu..."

Dalam Islam, di antara adab berdoa adalah dengan sungguh-sungguh, dan tidak dianjurkan berdoa setengah-setengah atau tidak yakin atas kekuasaan Allah bahwa doa akan dikabulkan.

Berdoa harus sungguh-sungguh itu didasarkan pada hadis Rasulullah Muhammad SAW.

"Janganlah sekali-kali seseorang dari kalian mengatakan; 'Ya Allah, ampunilah aku jika Engkau mau! Ya Allah, kasihanilah aku jika Engkau mau! ' Berdoalah kamu dengan sungguh-sungguh, karena Allah akan berbuat menurut kehendak-Nya tanpa ada yang dapat memaksa-Nya.'"

Pencinta Kuliner? Yuk Cicipi Smoke Chicken di Kedai Kopi at Barn

Tapi apakah doa bernada 'ancaman kepada Allah' seperti dalam doa 'jika tidak dikabulkan, maka kami khawatir tidak ada yang menyembahmu,' adalah seuatu yang wajar.

Ustaz Abdul Wahab Ahmad, peneliti di Aswaja NU Center Jatim, dalam tulisannya di laman nu.or.id, mengatakan, Allah tidak menyukai segala sesuatu yang berlebihan, termasuk dalam doa.

Maka, dalam doa seperti dalam redaksi yang dibacakan Neno Warisman, bermasalah dalam dua sisi, berlebihan dan menganggap hanya kelompok yang berdoa itu saja yang menyembah Allah.

Halaman
12
Penulis: Kisdiantoro
Editor: Kisdiantoro
Sumber: Tribun Jabar
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved