Gunung Salak Dipastikan Tidak Mengalami Erupsi

"Gunung Salak saat ini masih berada pada tingkat aktivitas level I atau normal. Masyarakat agar tetap tenang dan tidak terpancing isu-isu yang tidak j

Penulis: Yongky Yulius | Editor: Theofilus Richard
Ehamberg/Wikipedia
Gunung Salak 

Laporan Wartawan Tribun Jabar, Yongky Yulius

TRIBUNJABAR.ID, BOGOR - Masyarakat di sekitar Bogor dihebohkan dengan informasi yang beredar mengenai informasi satelit yang mengindikasikan adanya erupsi Gunung Salak pada tanggal 10 Oktober 2018.

Menanggapi hal itu, Pusat Vulkanologi dan Mitigasi Bencana Geologi (PVMBG) Badan Geologi memastikan hingga saat ini Gunung Salak tidak mengalami erupsi.

"Gunung Salak saat ini masih berada pada tingkat aktivitas level I atau normal. Masyarakat agar tetap tenang dan tidak terpancing isu-isu yang tidak jelas sumbernya," ujar Kepala PVMBG, Kasbani, di Bandung, Kamis (11/10/2018).

Kasbani mengatakan, berdasarkan hasil observasi lapangan yang dilakukan secara langsung oleh pengamat Gunung Salak hingga pukul 20.00 WIB, Rabu (10/10/2018), tidak teramati adanya jatuhan atau hujan abu vulkanik.

Saat Fadli Zon Ubah Lirik Lagu Naik-naik ke Puncak Gunung

Ada Razia Kendaraan di Cimahi, Ini Incarannya

Kemudian, tidak terdengar pula suara dentuman, baik di wilayah puncak Gunung Salak maupun di sekitar lerengnya seperti di wilayah Taman Nasional Cidahu.

"Lalu, berdasarkan rekaman gempa pada tanggal 10 Oktober 2018 hingga pukul 20.00 WIB tidak teramati peningkatan kegempaan di Gunung Salak," kata Kasbani.

Lebih lajut, dia menjelaskan, berdasarkan pengamatan visual Gunung Salak dari periode Oktober 2018 pada umumnya cuaca cerah hingga hujan, angin lemah ke arah selatan dan utara.

Suhu udara di gunung itu sekitar 22-29 derajat celsius dan kelembaban 92 persen

"Gunung terlihat jelas hingga tertutup kabut 0-III. Asap nihil. Pemantauan visual pada sore hari hingga saat ini Gunung Salak umumnya tertutup kabut dan cuaca hujan. Berdasarkan data-data di atas dapat disimpulkan bahwa Gunung Salak tidak mengalami erupsi" ujar Kasbani.

Lalu Lintas di 5 Ruas Jalan di Bandung akan Direkayasa Pekan Depan, Berikut Panduannya

Fakta-fakta Mengejutkan Pesta Seks di Surabaya, Cara Pelaku Dapat Mangsa, hingga Tarif Layanan

Indonesia Lampaui Target di Asian Para Games, Menpora: Kesuksesan yang Harus Kita Rayakan Bersama

Sumber: Tribun Jabar
  • Berita Populer
    Ikuti kami di
    KOMENTAR

    BERITA TERKINI

    © 2023 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
    All Right Reserved