Suasana Ramadan di Pedesaan Cianjur: Tadarus, Ngabuburit, Hingga Membuat Akses Jalan di Atas Bukit

Kepala Desa Cibadak, Elan Hermawan, mengatakan, memang sebelum Ramadan setengah jalan menuju Kampung Pasir Peso sudah dibangun, lalu dilanjutkan lagi

Suasana Ramadan di Pedesaan Cianjur: Tadarus, Ngabuburit, Hingga Membuat Akses Jalan di Atas Bukit
Tribun Jabar/Ferri Amiril Mukminin
Para ibu tadarus di tempat mereka biasa mengantar anak sekolah semisal yang terlihat di PAUD Permata Hati, Desa Cibadak, Kecamatan Cibeber, Kabupaten Cianjur. 

Laporan Wartawan Tribun Jabar, Ferri Amiril Mukminin

TRIBUNJABAR.ID, CIANJUR- Bulan ramadan selain menahan haus dan lapar juga dimanfaatkan oleh warga untuk memperoleh banyak amal baik. Seperti yang terlihat di kawasan pedesaan di Cianjur. Suasana Ramadan cukup terasa dan berbeda dengan bulan lainnya.

Sejak dinihari, aktivitas warga sudah terlihat dengan membangunkan sahur melalui tabuhan beduk, lantunan ayat suci di masjid, sampai dengan selesai salat subuh.

Tak hanya dinihari, pada pagi hari para ibu melanjutkan tadarus di tempat mereka biasa mengantar anak sekolah. Seperti yang terlihat di PAUD Permata Hati, Desa Cibadak, Kecamatan Cibeber, Kabupaten Cianjur.

Setiap harinya, para ibu saat ini tak hanya mengantar anak sekolah atau sekadar berkumpul dan mengobrol, tapi mereka membawa kitab suci Alquran untuk melakukan tadarus bersama sampai anak pulang dari belajar.

Tadarus sambil menunggu anak sekolah digagas oleh Ibu PKK Desa Cibadak Susi Safitri yang Kepala Paud Permata Hati.

"Saya mengajak para ibu untuk memperbanyak amal baik di bulan suci ini, satu caranya dengan memanfaatkan waktu luang sambil menunggu anak untuk tadarus bersama," kata Susi.

Bulan Ramadan, Aksi Premanisme di Kota Cimahi Menjamur, Pak Ogah Pun Jadi Sasaran Polisi

Disperindag Pastikan Kebutuhan Gas Elpiji 3 Kilogram Selama Ramadan hingga Lebaran di Cianjur Aman

Para bapak-bapak di Desa Cibadak, Cianjur, giat melakukan pekerjaan seperti membantu pihak desa membuat jalan ke kampung, Kamis (16/5/2019?.
Para bapak-bapak di Desa Cibadak, Cianjur, giat melakukan pekerjaan seperti membantu pihak desa membuat jalan ke kampung, Kamis (16/5/2019?. (Tribun Jabar/Ferri Amiril Mukminin)

Selain para ibu, para bapak-bapak pun giat melakukan pekerjaan seperti membantu pihak desa membuat jalan ke kampung yang berpuluh tahun jalannya masih berupa jalan tanah setapak.

Kepala Desa Cibadak, Elan Hermawan, mengatakan, memang sebelum Ramadan setengah jalan menuju Kampung Pasir Peso sudah dibangun, lalu dilanjutkan lagi saat Ramadan karena warga ingin jalan baru saat Idulfitri nanti.

"Warga yang menjadi pekerjanya, selama berpuluh tahun mereka ingin jalan ke rumah mereka yang berada di atas bukit diperbaiki, jadi kami rencananya selama seminggu akan melanjutkan membuat akses jalan ke Pasir Peso," kata Elan.

Menurutnya, para murid yang sehari-hari menggunakan jalan ini juga sering mengeluh jalannya licin karena tanah.

"Untuk pembangunan ini kami mendorong infrastruktur lebih awal untuk mempermudah memperlancar ekonomi sumber dari dana desa akses gang, satu RW hampir sekitar 300 kepala keluarga yang berada di Kampung Pasir Peso," ujar Elan.

Penulis: Ferri Amiril Mukminin
Editor: Tarsisius Sutomonaio
Sumber: Tribun Jabar
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved